Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Rabu, 20 Desember 2017

DAFTAR 10 USTAD MUDA PALING BERPENGARUH JAMAN NOW

Beberapa tahun belakangan, banyak sekali bermunculan ustadz dan penceramah baru di Indonesia. Patut disyukuri dengan banyaknya penceramah dan ustadz baru ini tentu diharapkan Islam di Indonesia semakin kuat dan tegak. Kita harus bersyukur dengan adanya kehadiran mereka, ajaran islam menjadi semakin mudah difahami dan semakin banyak yang selamat dari kesesatan. Kebanyakan para ustadz dan penceramah baru ini masih berusia muda yang fress dan banyak yang lulusan dari Timur Tengah. Dan gaya berceramah mereka digemari kaum muda karena penyampaiannya sederhana dan tepat sasaran. Rata-rata mereka adalah generasi yang lahir di tahun 1070-an atau yang biasa di sebut Baby boomer alias generasi pencerah. Mereka menimba ilmu di berbagai pusat pendidikan islam ternama dan jumlah mereka cukup banyak dan tausiahnya sudah menguasai berbagai laman public dunia maya. Berikut penjelasan Ustad Somad tentang anjuran mengikuti NU garis lurus.

Berikut ini daftar 10 orang ustad muda haluan garis lurus sebagian dari organisasi NU yang paling berpengaruh di dunia maya dan paling banyak di akses oleh anak muda jaman now. Barisan anak muda yang sangat peduli pada keadaan umat, mereka menimba ilmu di berbagai belahan dunia dan di Negara islam dilahirkan. Mereka sudah ditempa dengan berbagai keadaan dan sudah digembleng dengan berbagai fitnah, tapi Allah meneguhkan kedudukan mereka dan menjaga mereka dari terpaan hujatan dan hadangan senjata. Mereka tidak gentar dan berani menghadapi gerombolan orang yang ingin menghalangi langkahnya berdakwah.

Yang dimaksud haluan garis lurus adalah dilihat dari isi dahwahnya yang banyak mengangkat tema tentang semangat persatuan dan ukhuah islamiah, cinta tanah air, dan menegakkan hokum islam secara kaffah, dengan gaya bahasa sederhana dan menyentuh jiwa dan kalbu. Daftar 10 ustad paling berpengaruh ini dipilih berdasarkan luasan dan cakupa ilmu, kedalaman ilmu dan penguasaan materi serta metode penyampaian yang sederhana dan berpengaruh bagi anak muda. Mereka bukan sekedar berceramah dan menyampaikan tausiah, tetapi mampu membuat orang melihat sesuatu dari sudut pandang islam dan mampu mengajak orang untuk melakukan sesuatu bagi agamanya.

1. Ustad Bahtiar Nasir, 2. Ustad Syafiq Basalamah 3. Ustad Abdul Somad, 4. Ustad Felix Siaw 5. Ustad Munzir Situmorang 6. Gus Nur alias Sugi Nur Raharja 7. Ustad Adi Hidayat 8. Ustad Firanda Andirja 9. Ustad Zulkifli Muhammad Ali 10. Ustad Steven Wibowo dan Hanny Kristianto

Link ceramah mereka banyak tersebar di laman Youtube, mulai dari bahasan masalah sehari-hari, hingga persoalan bi’dah, hokum halal dan haram, penjelasan berbagai fitnah dan perkembangan dunia islam di berbagai belahan dunia dan sebagainya. Jajaran ustad muda ini punya visi misi kuat ingin mencerdaskan umat, mereka rela melakukan dakwah tanpa mengharapkan imbalan dari manusia. Kecerdasannya dan kemampuannya menyampaikan kebenaran tidak bisa menghalangi datangnya hidayah Allah kepada siapa saja yang mendengarkan cermaahnya. Sangat jelas, terang benderang dan tepat sasaran, mereka ingin menyampaikan cahaya kebenaran Illahi kepada segenap umat. Maka dari itu selalu ikuti perkembangan dakwah mereka, semoga mereka tetap teguh berada di jalan Allah swt, tetap istiqomah dengan visi dan misinya mencerdaskan umat. Allah juga terus mencurahkan rahmat kepada mereka untuk tetap menjadi lampu penerang bagi umat di tengah kegelapan. Berikut ulasannya:

1. Ustad Bachtiar Nasir

Ustad Bachtiar Nasir, Lc sendiri merupakan Sekjen Majelis Intelektual Ulama Muda Indonesia (MIUMI), dan alumni Universitas Islam Madinah. Ia juga pemilik AQL Islamic Center (http://aqlislamiccenter.com) dan aktif ceramah di sejumlah tempat. Gaya ceramahnya yang lugas tapi cara penyampaian yang lembut dianggap sangat berbahaya bagi kelompok tertentu. Walau memiliki tampilan sederhana tapi ketika di atas mimbar, Ustad Bahtiar mampu mencuci otak pendengarnya untuk mengikuti apapun yang disampaikannya. Ustad Bachtiar kerap menyampaikan semangat persatuan, jihad dan melawan kemungkaran dengan gaya bahasa sederhana tetapi masuk ke dalam jiwa dan mampu mendorong setiap pendengarnya menerima dan membenarkan apapun yang disampaikan, karena sang Ustad juga mampu memainkan logika berpikir masyarakat kita yang primordial, atau fanatik terhadap ajaran spiritual. Logika berpikir praktis tapi tepat sasaran yang diterapkannya membuat takut musuh islam, maka dari itu ia kerap ditolak dan dihadang berceramah diberbagai kesempatan oleh kelompok-kelompok tertentu karena dianggap bertentangan dengan pancasila dan anti toleransi.

2. Ustad Abdul Somad

Siapa yang tida kenal dengan Ustad penceramah asal Kepulauan Riau ini. Awal mula kehadirannya di dunia maya, berawal dari unggahan video yang isinya menceritakan perjalanan hidup selama merantau di jazirah arab, belajar dan menimba ilmu sampai ke Maroko, pusat pendidikan islam terbesar dunia. Dan ia menjadi ahli hadist yang isi ceramahnya sangat detail dan akurat merujuk nara sumber dan hadist syahih. Orang yang kurang faham dengan penggunaan hadist jadi mengerti bagaimana dan pada situasi apa hadist itu dipakai. Disamping Abdul Somad juga suka berkelakar dalam ceramahnya, beliau juga dikenal garang dan keras kepada musuh-musuh islam. Tak sungkan menyebut nama orang-per orang, bahasanya sederhana dan hujjahnya keras. Ustad Somad juga telah masuk daftar orang yang ditakuti musuh islam, karena snag ustad punya banyak pengikut fanatic yang rela melakukan apapun untuk kepentingan dakwahnya.

3. Ustad Munzir Situmorang

Pakar Kristolog nama lengkap Abdul Mundzir Situmorang. Ia adalah anggota PP Muhammadiyah bidang Dakwah. Fokus utama ustad Munzir adalah menghadang berbagai gerakan pemurtadan di berbagai pelosok negeri, kristenisasi oleh para misionaris gereja. Ustad Munzir sangat faham dengan pola ajaran kristen, ia mempelajari kitab injil lama dan perjanjian baru. Kemampuannya juga mendebat siapa saja yang ingin menistakan islam dan berdebat dengan pendeta untuk mencari kebenaran dari sisi kitab suci masing-masing. Gaya bicaranya yang tegas dan keras, membuat orang yang menjadi pendengarnya bisa merasakan kemampuannya mengungkapkan fakta. Tidak sungkan, tanpa basa basi dan straight to the point, isi tausiahnya menunjukkan apa saja yang jadi kelemahan dan kelebihan lawan bicaranya. Ustad Munzir ini sudah beberapa kali mengadakan acara debat antar agama dan ia juga sangat ditakuti oleh lawan-lawan islam, karena kemampuan argumentasinya yang keras dan luas.

4. Ustad Felix Siaw

Felix Siauw adalah seorang ustadz mualaf etnis Tionghoa-Indonesia. Penganut Islam garis keras jebolan HTI, salah satu pimpinan organisasi masyarakat Taruna Muslim sebagai sayap Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ini sudah menjelajah ke berbagai tempat untuk berdakwah. Isi ceramahnya banyak mengandung unsur ilmiah, sciens dan logika. Ia lebih suka mengajak pendengarkan lebih aktif menggunakan akal sehat dan hati yang jernih sehingga mudah diterima terutama oleh anak muda dan kaum milenial yang cerdas. Pada intinya ustad Felix ini ingin mengajak audiencenya melihat sesuatu dari banyak sisi, dan walau dalam penyampaian ia sangat lembut tetapi inti dan maksud utamanya sangat keras disampaikan dalam bentuk analisis logis. Ustad Felix ini juga menjadi viral di acara ILC lalu ketika berdebat dengan Abu Janda mengenai bendera Rasulullah saw. Sangat jelas Felix bisa menguasai medang dan mampu menyerang musuh secara brutal, tanpa perlu menyakiti secara fisik, paska debat si lawan menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial.

5. Ustad Adi Hidayat

Lahir di Pandeglang, Banten, 11 September 1984. Ustad paling muda ini pernah studi di Kuliyya Dakwah Islamiyyah Libya. Di Libya, Adi Hidayat muda belajar intensif berbagai disiplin ilmu baik terkait dengan al-Qur’an, Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh, Lughah, dan selainnya. Kecintaannya pada al-Qur’an dan Hadits menjadikan beliau mengambil program khusus Lughah Arabiyyah wa Adabuha demi memahami kedalaman makna dua sumber syariat ini. Beliau juga aktif mengikuti dialog internasional bersama para pakar lintas agama, mengisi berbagai seminar, termasuk acara tsaqafah Islâmiyyah di channel at-tawâshul TV Libya. Pada November 2016, beliau bersama dua sahabatnya Heru sukari dan Roy Winarto mendirikan Akhyar TV sebagai media dakwah utama. Kini, Ustadz Adi Hidayat aktif menjadi narasumber keagamaan baik ta’lim, seminar, dan selainnya. Beliau juga giat mengukir pena dan telah melahirkan karya dalam bahasa Arab dan Indonesia kurang lebih sebanyak 12 karya. Kekuatan dakwah ustad muda ini adalah hujjahnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda saat ini, ia kerap mengangkat tema kehidupan sehari-hari yang dialami masyarakat, dan memberikan solusi jalan keluar yang bisa menenangkan dan menyejukkan hati.

6. Ustad Firanda Andirja MA

Ustadz Firanda Andirja sendiri adalah seorang Ustadz yang dilahirkan di Surabaya, 28 Oktober 1979; umur 35 tahun. Beliau memiliki nama kuniyah Abu Abdil Muhsin, beliau menjadi penceramah tetap di Masjid Nabawi Saudi Arabia. Selain aktif menjadi pengisi acara di Masjid Nabawi, beliau juga aktif mengisi di radio Rodja. Masa kecil Ustadz Firanda Andirja dimulai dari SD sampai SMA yang dihabikan di Sorong Papua. Kemudian beliau meneruskan pendidikan di Universitas Islam Madinah sampai meraih gelar S2. Dan saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 juga di Universitas Islam Madinah. Dalam beberapa kesempatan dakwahnya di manhaj Salaf, sempatlah dia menulis bantahan-bantahan terhadap polemik dari Quraish Shihab, tokoh-tokoh serupa Ulil Abshar Abdalla, kaum takfiri -orang yang benar-benar sangat mudah mengkafirkan orang lain tanpa pikir panjang, dan membantah juga sejumlah tokoh haba'ib-haba'ib Indonesia yang kadangkala nyeleneh. Sampai saat ini, dia masih terus berdakwah dan mengadakan daurah ke seluruh Nusantara.

7. Ustad Zulkifli Muhammad Ali

Ustadz Zulkifli M. Ali adalah pakar Syariah serta Analis Fenomena akhir zaman yang sudah tidak asing bagi umat Islam, ada banyak kajian yang disampaikan ustad Zulkifli mengenai kondisi akhir jaman, hari kiamat, peran dunia barat dalam percaturan dunia, Negara-negara pendukung Israel dan peran zionis yahudi dalam menghancurkan islam . DIkalangan netizen ia dikenal sebagai Trainner Spirit Tauhid Akhir Zaman, penguasaan materinya tentang politik dunia ini tidak diragukan lagi, kemampuannya mengungkapkan berbagai isi maklumat konspirasi dunia terhadap islam dituangkannya dalam berbagai bentuk media. Ustadz kelahiran Pariaman, 15 Nopember 1974 M ini menghabiskan masa kecilnya di bawah naungan pendidikan Muhammadiyah Curup, Bengkulu. Ustad satu ini mampu membuat pendengarnya tercengang dengan penjabarannya yang lugas mengenai kondisi umat islam secara global.

8. Ustad Syafiq Reza Basalamah

Ustad Syafiq Riza Basalamah adalah seorang Doktor lulusan Universitas Madinah atau Islamic Univercity Of Madinah. Ustadz Reza Basalamah lulus dengan nilai SUMMA CUMLAUDE yang artinya nilai sempurna dalam setiap mata pelajaran. Salah satu diantara beberapa hal yang menjadikan nilai beliau sangat fantastis ( cumlaude summa cumlaude ) adalah judul desertasi beliau yang sangat fenomenal yaitu “ Peran Lembaga dan Organisasi Islam Dalam Membendung Kristenisasi di Indonesia “. Salah satu diantara beberapa topik yang selalu di sampaikan dalam beberapa dakwah beliau pastilah tak pernah lepas mengenai penguatan aqidah, karena menurut beliau dengan aqidah yang kuat umat Islam tak akan pernah goyah oleh apapun. Selain itu dari beberapa postingan Facebook beliau, beliau selalu menampilkan beberapa hadits dan juga dalil yang berkenaan dengan penguatan hubungan antara suami dan juga istri. Dengan penguatan seperti itu menjadikan generasi bangsa ini semakin maju dan bermartabat tinggi.

9. Buya Yahya

Buya (Kiai Haji) Yahya Zainul Maarif atau lebih sohor wal masyhur dengan sapaan Buya Yahya. Dikenali sebagai ulama muda yang tinggi keilmuan nya, juga sebagai ajeungan sekaligus pengelola ma’had (Pondok Pesantren) al-Bahjah Cirebon. Keberhasilan beliau dalam menghafal berbagai muatan ilmu dan pengamalan nya membuat Buya dipercaya dan diberikan tugas mengabdi untuk memberikan pelajaran kepada santri di PP Daarul Lughoh Wad Da’wah – Bangil. Sang guru tak tinggal diam, al-Habib Hasan diam-diam mengamati kinerja Buya Yahya yang mulai matang keilmuan nya, atas perintah beliau pula lah Buya Yahya melanjutkan langkah rihlah ilmu nya ke Universitas al-Ahgoff Yaman, dari tahun 1996 sampai 2005.

10. Ustad Khalid Basalamah

Bernama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, dilahirkan di Makassar tanggal 01 Mei 1975. Ustadz Khalid Basalamah menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah kemudian melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan kemudian melanjutkan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Ustadz Khalid Basalamah ini terkenal dengan penyampaian ceramahnya yang sangat tegas dan santun. Terlepas dari berbagai kontroversi yang menertai diri sang Ustad, menurut beberapa ulama, ambil ilmu yang baik dari beliau dan timba ilmu sebanyak-banyaknya, jangan masuk dalam pusaran konflik. Teladani anjuran dan ajarannya yang sesuai akidah.

Jadi umat islam sudah seharusnya bangga dan besyukur karena saat ini sudah mulai banyak bermunculan para tokoh muda yang cerdas dalam mendidik dan membela islam, mereka menguasai bidangnya masing-masing dan mampu menjawab berbagai pertanyaan dan keresahan masyarakat dengan pendekatan halus dan pemahaman mendalam. Tekad kuat yang tertanam dalam diri mereka tidak bisa digantikan oleh apapun dan tidak bisa dibeli dengan uang, hanya Allah yang berkuasa atas diri orang-orang ini.

Allah memilih mereka untuk menjadikan islam di negeri ini semakin kuat dan tegak hokum islam dengan kaffah. Mereka sepenuhnya sudah mengabdikan diri kepada Allah swt dan akan menjadi khilafah (pemimpin) yang akan mengajak semua manusia ke jalan cahaya. Seluruh hidupnya digunakan untuk menerangi jalan umat pada kebenaran. Maka dari itu, agar kita tidak mudah terjebak dalam jalan kesesatan, ikuti dan pelajari terus pelajaran hikmah dan tausiah yang disampaikan ustad muda ini, hanya mereka yang diberi ilmu oleh Allah yang akan mampu membawa kita pada keselamatan. Mereka diberi keistimewaan sesuai bidang studi dan kecakapannya masing-masing menyampaikan kebenaran. Jika kita bisa mengambil pelajaran dari kesemua pendakwah ini, insya allah selamat hidup di dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post