Minggu, 28 Agustus 2016

CALON PENGHUNI NERAKA: GOLONGAN KAYA DAN HARTAWAN SELAMA DI DUNIA, APAKAH ANDA SALAH SATUNYA?

Mari kita beriman kepada hari akhir, selagi masih ada waktu dan kesempatan maka cepatlah bertobat dan kembali pada-Nya. Bagaimanapun usaha kita menghindarinya maka ia akan datang pada kita cepat ataupun lambat.

Suatu hari yang tidak ada satupun orang dapat mencari pertolongan dan tidak ada satu orangpun yang bisa lolos dari azab-Nya. Tidak ada seorang pun yang bisa bersembunyi apalagi melarikan diri darinya, bahkan malaikatpun tidak luput dari kematian. Semua mahluk kala itu terlempar dan berduyun-duyun berterbangan di angkasa. Semua mahluk berlutut menghadap Sang Pencipta dalam keadaan sebenar-benarnya tanpa penutup sehelaipun.

GAMBARAN KONDISI NERAKA

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, sesungguhnya nabi saw bersabda: “Pada hari kiamat akan didatangkan neraka Jahanam, neraka Jahanam memiliki 70.000 kendali dan pada setip kendali akan ditarik oleh 70.000 malaikat.

Pintu neraka dibuat dari besi yang diciptakan dengan laknat-Nya. Dibagian luar terbuat dari tembaga dan bagian dalam terbuat dari timah, sementara apinya menyala di atas dan dibawah mereka, juga di sebalah kanan dan kirinya. Susunannya bertingkat-tingkat. Jarak satu pintu ke pintu lain sejauh perjalanan 70 tahun. Dan kadar panas satu pintu dengan pintu lainnya lebih panas dari pintu di bawahnya dengan ukuran 70 kali lipat.

Hadist Riwayat Imam Thabrani: “Sesungguhnya tebal tembok neraka adalah sejauh 40 tahun perjalanan di bumi. Dan belenggunya terbuat dari besi”

Ada yang bertanya kepada Ibnu Abbas ra. Mengenai luasnya neraka Jahanam. Dia berkata ; “Demi Allah, Aku tidak mengetahui berapa luasnya, namun ada berita kepada Kami ; “Sesungguhnya satu cuping telinga malaikat Zabaniah (Penjaga Neraka) dan pundaknya berjarak perjalanan selama 70 tahun di bumi.”

Sementara mengenai para pengawas neraka (bawahan malaikat Zabaniah) yang melakukan siksaan kepada para penghuni neraka sebuah hadist menjelaskan: “Setiap pundaknya sejauh jarak perjalanan setahun. Masing-masing mempunyai kekuatan, bila dipukulkan pada sebuah gunung pasti akan hancur. Dan kekuatan itu akan memukulkan ke dasar jahanam sekali pukul sebanyak kekuatan 70.000 malaikat.

Adapun sifat-sifat neraka jahanam (semoga Allah menjaga kita dari siksa-Nya) telah diriwayatkan dalam hadist: “Sesungguhnya neraka Jahanam amat gelap, tidak bercahaya dan hanya kobaran api yang menerangi. Dia memiliki tujuh pintu; tiap pintu ada 70.000 gunung, tiap gunungnya ada 70.000 lereng yang terbuat dari api, dan setiap belahannya ada 70.000 lembah dari api. Setiap lembahnya ada 70.000 gedung dari api. Dan setiap gedungnya ada 70.000 kamar dari api, setiap kamarnya ada 70.000 ekor ular dan 70.000 kalajengking. Tiap-tiap kalajengking mempunyai 70.000 ekor, setiap ekor ada 70.000 ruas dan setiap ruasnya ada 70.000 entup berbisa.

Diriwayatkan Imam Muslim Nabi saw bersabda: ”Sesunguhnya Apimu (api di dunia) adalah 1 : 70 api neraka Jahanam." Mereka berkata : “Ya Rasul, kalau memang demikian, hal itu sudah cukup. “sabda Nabi saw ;”Sesungguhnya lebih panas dari apimu dengan berbanding 69 bagian, semua seperti panasnya apimu.

Ada hadist yang menjelaskan: “Sesungguhnya Jibril mendatangi Nabi Muhammad saw, lalu Nabi Saw bersabda: “Terangkan padaku mengenai sifat panasnya api neraka.” Jibril menjawab, “Sesungguhnya Allah menciptakan neraka, kemudian menyalakan apinya selama 1000 tahun sampai menjadi merah kemudian menyalakannya lagi 1000 tahun sampai menjadi hitam. Dan sekarnag jadilah hitam kelam."

PARA PENGHUNI NERAKA

Bila sudah datang hari kiamat maka pintu neraka akan dibuka, kemudian asap menyembur keluar mengepul di sebalah kanan jin dan manusia ; mengepul disebelah kiri, di wajah, di atas, dan dibelakang mereka. Manakala jin dan manusia memandang kepulan asap mereka lalu berkata sambil berlutut; “Ya Tuhan, selamatkanlah kami……!”

Nabi saw bersabda: “Aku ditunjukan kepada surga, dan aku melihat penghuni terbanyak berasal dari golongan fakir. Kemudian ditunjukkan neraka padaku, dan penduduk terbanyak berasal dari golongan orang-orang kaya dan para wanita.”

Dalam hadist lain disebutkan; ”Aku melihat penduduk terbanyak di neraka adalah dari golongan para wanita. ”Ada yang bertanya; ”Bagaimana mungkin terjadi!” Sabda Nabi saw; ”Mereka selalu sibuk dengan perhiasan dan wangi-wangian.”

“Dan kepada orang kafirpun kami berikan kesenangan sementara (didunia), kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruknya tempat kembali.” Quran surat Al Baqarah : 126.
Dalam sebuah hadist diterangkan: “Pada Golongan Nabi, yang terakhir kali masuk surga adalah Nabi Sulaiman bin Daud as, sebab dia adalah seorang nabi yang memiliki kerajaan. Dan Sahabat Nabi saw yang terakhir kali masuk surge adalah Abdurrahman bin Auf, sebab dia dikaruniai kekayaan dan harta berlimpah. Dalam Hadist lain diterangkan bahwa mereka memasuki surge dengan merangkak.

Kata Nabi Isa Al Masih : ”Orang yang paling sengsaran masuk surga adalah para orang-orang kaya harta.” Kenapa? karena selama didunia tidak pernah sedikitpun mereka merasa butuh kepada Allah, semua persoalan hidupnya bisa diselesaikan dengan uang, Uang adalah Tuhan kedua mereka di dunia dan di Akhirat maka mereka dipaksa untuk memohon kepada Allah agar Allah mau mengampuni mereka.

Sudah cukup jelaskah ini bagi kita tentang gambaran kondisi neraka, masih adakah keraguan dalam diri kita bahwasanya Allah tidak main-main dengan semua firman-Nya. Neraka memang sudah diciptakan jauh sebelum manusia ada, jadi wajarlah jika sekarang keadaan neraka itu sudah sangat panas dan gelap.

Nabi besar kita Muhammad saw saja ketika diceritakan tentang neraka oleh malaikat jibril yang menjelaskan tentang 7 pintu neraka dan penghuninya, Nabi saw langsung pingsan dan menangis tak henti-henti. Bagaimana dengan kita yang saat ini sudah berada di penghujung jaman, masihkah kita mempermainkan hidup ini.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar