Sabtu, 29 Desember 2012

Ada 8 Juta Mumi di Kuburan Tanah Mesir


Arkeolog di Mesir berhasil menggali sekira 8 juta mumi hewan selama melakukan ekskavasi kuburan bawah tanah di Saqqara, 19 mil dari Kairo. Mumi tersebut terdiri dari berbagai jenis hewan.

Dilansir dari UPI, Sabtu (5/1/2012), Saqqara banyak menyimpan piramid dan berbagai tanah pekuburan kuno. Penggalian tersebut dilakukan ahli Mesir dari American University, Salima Ikram bersama sebuah tim peneliti pimpinan Paul Nicholson dari CadiffUniversity. Kuburan kuno yang digali itu telah ditemukan sejak 1897 silam.

"Kami mencatat tulang-tulang hewan dan teknik pembuatan mumi yang digunakan untuk menyiapkan hewan-hewan itu," ujar Ikram kepada Ahram Online.


Dia mengatakan bahwa hewan yang dijadikan mumi tidak terbatas pada anjing. Mereka juga menemukan sisa-sisa tubuh kucing serta musang.

"Kami sedang mencoba memahami bagaimana hal tersebut cocok dengan penyembahan pada Anubis. Kuburan bawah tanah itu ditujukan untuk Anubis," paparnya.

Jiwa anjing yang telah dijadikan mumi, kata Ikram, diyakini akan bisa membawa doa seseorang sampai ke dunia setelah mati. Anubis sendiri merupakan dewa mesir kuno yang wujudnya digambarkan memiliki kepala anjing.

"Kedekatan kuburan bawah tanah itu dengan kuil Anubis, yaitu dewa berkepala anjing yang diasosiasikan dengan kuburan dan pembalseman, membuatnya terlihat ditujukan khusus untuk anjing," tambahnya. (yhw)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar