Senin, 29 Desember 2014

BUAH SYURGA: OBAT SEGALA PENYAKIT

Ada banyak jenis buah disebutkan dalam Al quran, dan hampir semua jenis buah-buahan itu sudah diidentifikasi dan sudah dikonsumsi oleh manusia. Namun ada juga beberapa buah yang masih menjadi misteri hingga kini, yaitu buah khuldi dan pohon zarqum yang jug sering disebut-sebut dalam al quran merupakan pohon terlarang/terkutuk. Materi ini hanya akan membahas buah-buahan surga yang turun ke bumi dan sudah banyak dimanfaatkan manusia. Lalu dalam rangka apa Allah swt menurunkan berbagai jenis buah yang ada disurga ke dunia? Adakah ini sebuah pesan yang ingin disampaikan bahwa kandungan dalam buah-buahan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga bisa menjadi penawar berbagai penyakit kronis yang saat ini sedang berkembang pesat. Ada yang mengatakan bahwa jenis buah-buahan ini bisa membuat orang awet muda, bisa terhindari dari berbagai penyakit berbahaya dan juga bisa memperbaiki sisi kejiwaan, serta dapat mencusikan hati dan jiwa. Ada sebagian lagi orang yang meyakini bahwa dengan sering mengkonsumsi buah-buahan ini maka akan mampu menjernihkan jiwa, hati dan akal? Jika demikian, maka mari kita simak penjelasannya.


Penyakit yang paling banyak diderita manusia pada saat ini adalah penyakit berat yang bersumber dari keruhnya fungsi hati dan jiwa. Banyak orang orang yang punya hati, tetapi hati mereka kotor dengan masalah dunia, jiwa mereka keruh dengan penyakit dunia dan akal mereka tersumbat dengan urusan dunia. Penyakit ini belum ada obat medisnya, tetapi ternyata Allah swt sudah menyebutkan khasiat buah-buahan syurga ini dalam Al quraan beribu tahu yang lalu. Maka adakah kita yang rugi karena sudah menyia-nyiakan karunia-nya yang amat besar kepada kita. Karena ternyata secara umum salah satu unsure dominan dalam buah-buahan ini adalah tingginya kadar antioksidan seperti yang terdapat dalam delima, yaitu semacam senyawa yang bisa mengeluarkan racun, zat-zat kimia, radikal bebas, kuman-kuman, virus, bakteri dan sebagainya yang ada dalam diri manusia. Definisi kuman penyakit yang dimaksud disini jika merujuk pada ilmu pengobatan tradisional muslim adalah sejenis mahluk dari bangsa jin dan syaitan yang menempati aliran darah anak manusia.

Pada buah zaitun misalnya, disinyalir mempunyai khasiat dapat memancarkan cahaya. Ini artinya apa? Bahwa ketika anak adam memakan buah zaitun, maka hiduplah cahaya rahmat dalam dirinya, meski tidak ada api yang digunakan untuk menyalakan sumbu api, maka efek dari minyak zaitun itu sendiri akan memancarkan cahaya dengan sendirinya.

Antara lain berkah pohon ini yang diperincikan Allah; pada penggalan ayat ke-35 dari surah An Nur dikatakan: "Yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api".

Atau jika dibaca ayat secara keseluruhan adalah sebagi berikut:

"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu" (QS: An Nur: 35)


Adakah buah zaitun dihadirkan dalam rangka untuk mengembalikan pancaran cahaya hati dan jiwa anak manusia yang saat ini sudah tertututp kabut gelap. Untuk membuat hati kembali hidup dan memancarkan cahaya sebagaimana kelak ketika di alam barzakh yang membedakan umatnya nabi saw dengan umat yang lain adalah bahwa dalam diri setiap umat nabi saw ada seberkas cahaya yang menerangi jalan mereka.

MELURUSKAN SEJARAH BUAH

Ada banyak orang yang menyangka bahwa buah zaitun, anggur, tin, dan kurma adalah buah khuldi. Disini kami akan menunjukkan bukti nyata bahwa hal itu adalah salah besar dan harus segera di luruskan. Al Quran yang memberi penjelasan tentang ini, bahwa dalam hal penyebutan istilah pada keduanya terdapat perbedaan yang mencolok. Dalam al quran buah khuldi diberi sebutan pohon yang terkutuk, ini artinya bahwa buah dari pohon ini bukanlah buah yang diberkahi dan diperbolehkan untuk dimakan oleh manusia.

“….melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu (khuldi) yang terkutuk dalam al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka.” (QS. Al Isra:60.

Buah khuldi juga diberi nama buah terlarang bagi siapa saja untuk mendekatinya, karena ia yang menyebabkan nabi Adam as terusir dari surga. Maka tidaklah pantas jika buah khuldi disepadankan dengan buah zaitun yang dalam al quran dimasukkan dalam golongan buah-buahan mulia. Buah zaitun adalah salah satu jenis buah yang diberkahi dan dimuliakan, disamping itu juga ada buah tin, Kurma, delima dan anggur yang mendapat predikat buah yang sama. Efek bagi siapa saja yang mengkonsumsi buahan ini adalah ia juga akan mendapat kemualiaan dan keberkahan dalam hidupnya.

"Pada tempat yang diberkahi, dari sebatang pohon kayu (pohon zaitun)" (QS: 028: 30)

PERSEBARAN BIBIT BUAH


Sebelum membahas cirri khas dan khasiat buah-buahan itu, maka ada baiknya kita memahami bagaimana cara penyebaran buah ini di muka bumi. Bagaimana cara allah menurunkan bibit buah-buahan ini, karena pada kenyataannya buah-buahan ini tidak tumbuh merata diseluruh muka bumi. Hanya tumbuh di daerah tertentu yang diberkahi yaitu daerah yang menjadi pusat berkumpulnya umat islam. Benarkah itu? Lalu bagaimana caranya allah menentukan daerah yang layak untuk ditanami buah-buahan itu, yaitu Allah menggunakan perantara awan, kepada awan allah memerintahkan diturunkannya hujan dengan membawa bibit buah-buahan surga untuk disebar di daerah permukiman umat muslim. Perhatian bunyi firman-Nya berikut ini:

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau….”
(QS. 006:99)

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan."
(QS. An-Nahl : 11)

Jadi hanya Allah yang menentukan kepada siapa dia memberikan karunianya dan dalam rangka apa semua itu dilakukan adalah semata-mata untuk membuat kita bersujud dan beriman kepada-Nya. Lalu bagaimana dan dimana saja buah-buahan itu diturunkan.

DAERAH PERSEBARAN BUAH

Secara komposisi nilai gizi dan manfaat, maka buah-buahan ini memiliki khasiat yang sama dan menyerupai satu sama lain saling melengkapi. Perbedaan yang mencolok diantara kesemuanya adalah dalam hal persebaran pohon, ternyata sebagian besar pohon-pohom berkah ini tumbuh di jazirah arab yang beriklim panas, gersang dan tandus. Hal ini sudah disebutkan dalam firman-Nya.

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus (jazirah arab), lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makanlah hewan ternak mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan? (QS. As Sajdah : 27)

Perhatikan pola penyebaran buah-buahan surga dibawah ini:

- BUAH DELIMA DAN PISANG

Pusat keragaman utama Pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis.
Daerah asal buah Delima diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl.

- ANGGUR DAN TIN

Buah anggur berasal dari kawasan selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia Kecil. Kemudian dibudidayakan orang ke daerah tropik dan selanjutnya menyebar pula ke daerah subtropik.
Buah Tin/ara/fig pertama kali Tumbuh subur di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan.

- KURMA DAN ZAITUN

Negeri asal Zaitun adalah Asia, terutama Suria, Libanon, Yordania, Palestina, dan lebih khusus negara-negara pesisir perairan Mediterania seperti: Turki, Italia, Spanyol, Tunis, Aljazair, dan Maroko.
Buah Kurma, tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia dan banyak tumbuh subur di Saudi Arabia

Dan satu satunya buah-buahan surga yang bisa tumbuh di asia adalah pisang, hanya buah pisang yang bisa tumbuh di iklim tropis dan curah hujan sedang. Tidak ada pohon kurma yang bisa tumbuh di daerah tropis, namun sebagai penggantinya nilai gizi yang mengandung kadar anti oksidan tinggi ternyata ada dalam buah sirsak, daun teh hijau, dan kulit buah manggis.
Buah-buahan ini tumbuh subur di daerah tropis dan sub tropis yang mana kandungan antioksidannya juga sangat tinggi layaknya delima dan anggur.

Maka dari itu, untuk menggantikan kemanfaatan yang serupa dengan jenis pohon yang tidak bisa tumbuh di daerah dengan iklim tertentu, maka allah mengganti kemanfaatan buah tersebut dengan buah lain. Orang Asia tidak perlu memburu buah kurma yang harganya tinggi karena di sana ada buah pisang dan dan sirsak sebagai penggantinya. Dan orang yang berada di benua eropa tidak perlu memaksakan diri untuk menanam atau memakan buah pisang dan kurma, karena di daerah mereka bisa tumbuh subur buah tin dan anggur. Jadi Allah sudah menyediakan dan menyebarkan semua buah-buahan surga ini ke berbagai belahan dunia agar dapat dinikmati dan digapai dengan mudah pada semua umat muslim yang tersebar diberbagai benua serta dapat dimanfaatkan sebagai tanaman berkhasiat yang mengandung obat.

Disamping itu kandungan gizi semua buah-buahan ini juga sudah disesuaikan dengan karakteristik dan pola makanan penduduk yang mendiami daerah tersebut. Disesuaikan dengan iklim dan cuaca yang mempengaruhi setiap tahunnya, curah hujan, intensitas cahaya dan suhu permukaan. Suatu daerah dengan karakteristik dingin dan lembab, maka padanya Allah anugerahkan buah Anggur yang didalamnya mengandung unsure hangat sehingga disamping dapat menghangatkan tubuh, anggur juga bisa memberi manfaat kesehatan pada dirinya. Pada daerah tandus yang bersuhu panas dan rendah kelembabannya seperti daerah gurun, maka Allah menganugerahkan kurma karena tinggi kadar air di dalamnya bisa menyejukkan dan menetralkan gula darah. Sementara pada daerah tropis yang suhunya sedang, maka Allah anugerahkan pisang untuk memberi ketenangan pada pencernaan dan menetralkan asam lambung akibat tingginya perubahan suhu tiap tahunnya.

Dapatkah kita melihat bahwa daerah persebaran pertama buah ini adalah tumbuh subur di Negara-negara mayoritas islam, mulai dari timur tengah dan jazirah arab. Tetapi untuk mengimbangi keterjangkauan oleh manusia di benua lain, maka Allah memberi anugerah pada buah lain yang pertumbuhannya sesuai dengan iklim daerah tersebut melalui perantara awan dan angin. Firman Allah swt:

“Dan Allah, Dialah yang mengirim angin; lalu dengan angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu ke suatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan.
(QS. Fatir :9)

Dan jika sekarang penyebarannya sudah meluas ke banyak Negara-negara non muslim seperti china dan amerika maka itu adalah bagian dari usaha pengembangan varietas hasil budidaya perkebunan yang dikembangkan melalui rekayasa botanical untuk membuat tanaman itu bisa tumbuh subur di daerahnya sesuai iklim daerah tersebut.

KANDUNGAN KHASIAT DAN MANFAAT


Secara komposisi nilai gizi dan manfaat, maka buah-buahan ini memiliki khasiat yang sama dan menyerupai satu sama lain saling melengkapi. Nilai manfaat yang terkandung dalam buah Anggur selain terdapat dalam buah anggur juga terdapat pada buah kurma. Tapi pada setiap buah memiliki nilai manfaat khusus yang bersifat spesifik untuk mengobati suatu jenis penyakit. Dan jika seseorang rutin memakan salah satu dari enam buah ini dalam kehidupan sehari-hari, maka ia akan mendapatkan manfaat menyeluruh bagi kesehatan jiwa dan raganya, yaitu ia akan mencapai ketenangan jiwa, kecerdasan otak, kekhusuk’an hati dan kekuatan iman sebagai akibat aliran darahnya bersih dari gangguan kuman penyakit yang diwakili oleh para mahluk kecil dari bangsa jin dan syaitan, atau yang lazim disebut dengan bakteri dan virus dalam dunia medis.

Mari kita simak uraian manfaat dan khasiat buah-buahan surga yang kami ringkas untuk anda berikut ini:

1. Buah Pisang


Manfaat utama yang dikandung buah pisang adalah dapat membuat si pemakannya menjadi lebih cerdas. Karena Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis otak. Pisang juga dapat mengatasi sakit usus dan perut karena ia dapat menetralisir kadar asam lambung. Jika anda menginginkan kecerdasan pada anak anda, maka biasakan anak anda mengkonsumsi buah pisang.

2. Buah Tin/Fig


Adalah buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan dengan kadar antioksidan plasma dalam darah yang tinggi sehingga disinyalir dapat membersihkan hati dan limpa serta dapat melawan racun penyebab kangker. Buah Tin dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker, ia mengandung "polyphenols" yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan amat penting bagi tubuh, karena dapat berfungsi sebagai free radical dalam tubuh.
Buah Tin juga mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu "benzaldehyde" dan "coumarins". "Benzaldehyde" telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor sedangkan "coumarins" adalah untuk merawat kulit dan kanker prostate.

3. Buah Zaitun



Khasiat pada daun zaitun terdapat kandungan-kandungan kimia berupa "Oleuropein acid", yaitu jenis racun berbahaya untuk membunuh jenis-jenis kuman, virus, bakteri-bakteri, dan jenis-jenis cacing. Daun zaitun juga dapat mengurangi stress tubuh, kelelahan fisik, mengurangi dampak nyeri-nyeri disebabkan oleh penyakit menahun yang parah seperti: Aids, kanker, meringankan beban penderita kangker, dan melawan virus-virus yang menyebabkan penyakit-penyakit berat tersebut dengan dua cara: Pertama, mencegah penyebaran virus-virus ganas itu, dan kedua, mengaktifkan dan mengontrol fungsi kekebalan tubuh untuk menciptakan jaringan-jaringan khusus membunuh virus-virus yang menyerang.

4. Buah Delima

Buah yang kaya antioksidan ini dipercaya dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Kadar Antioksidan tinggi yang terkandung didalamnya dapat membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Manfaat lebih lainnya adalah buah ini memacu aktifitas darah pada bagian kelamin terutama pria. Sementara kandungan pada minyak zaitun juga tidak kalah banyak manfaat bagi kesehatan.

5. Buah Anggur

Anggur bermanfaat untuk mengencerkan darah yang terlalu kental, karena anggur mampu meningkatkan kerja sel endothelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktifitasnya terhadap sel-sel otot halus. Dampak dari mekanisme ini adalah mengurangi resiko serangan jantung. Senyawa flafonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar dalam darah. Anggur juga baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol, suatu zat penguat kolagen yang dapat melenturkan pembuluh darah (anti aging).


6. Buah Kurma

Buah ini dipercaya dapat mencegah racun dan sihir. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Di saat yang sama, kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak. Buah Kurma, dengan kandungan 2.2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. Vitamin A meningkatkan kemampuan pandangan mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sehat sempurna, menunjang tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, mengatur selera makan dan pencernaan, serta memberdayakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein-protein yang disebutkan tadi, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan untuk penyedian energi dan pembaharuan sel.

Jika anda merasa yakin dengan khasiat yang ditimbulkan buah-buahan ini maka bertawakal-lah kepada Allah, memohon kesembuhan dengan sabar dan shalat. Karena tidak yang lebih berkuasa dan berhak atas diri kita selain Allah swt semata. Apa saja kehendak yang ingin ia timpakan pada suatu kaum itu sangatlah tergantung pada usaha manusia itu sendiri, tidak semata-mata bermuara pada khasiat buah-buahan tersebut. Dan hanya kepada-Nyalah segala urusan dikembalikan, karena bagaimanapun dalam setiap penyakit allah juga sudah menyiapkan obat penawarnya, kini itu dikembalikan lagi pada kita. Bagaimana kita hendak memaknai karunianya agar kita menjadi manusia yang bersyukur.

Telah tsabit dalam kitab Shahih Bukhari dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu’anhu dari nabi shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda,

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)

Jabir radhiallahu ‘anhu membawakan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Azza wa Jalla.” (HR. Muslim no. 5705)

Sampai disini dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa diturunkannya bergai buah-buahan surga ini dalam rangka untuk menyelamatkan kehidupan umat manusia dari kehancuran akibat berbagai bahan makanan dan unsur kehidupan seperti air, tanah dan udara yang sudah banyak tercemar karena tingginya kandungan bahan pencemaran radikal bebas didalamnya, sementara kadar antioksidan yang tinggi dalam buah-buahan ini dapat mengusir berbagai radikal bebas tersebut untuk tidak berkembang dan berubah menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit mematikan. Dengan dihadirkannya buat zaitun yang berguna untuk menjadi cahaya penerang dalam jiwa anak manusia agar Allah swt senantiasa dapat memberikan petunjuk dan rahmat-Nya sehingga manusia tidak tersesat dalam kehidupa dunia yang memabukkan.


PENJELASAN DARI MASING-MASING KHASIAT BUAH SURGA KAMI URAIKAN SEBAGAI BERIKUT:

BUAH TIN/FIG/ARA


Allah SWT bersumpah demi tin dan zaitun karena kemulian dan keagungan kedua buah surgawi itu,
وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ
Artinya: "Demi (buah) Tin dan Zaitun" (QS: 095: 1)


Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran. Adapun kandungannya per 100 gram, yaitu:

Pohon Tin Dan Khasiat Herbal Natural:

Sebuah riwayat dari Abu Dardaa, bahwasanya telah dihidangkan kepada nabi SAW sebuah menu dari buah tin, maka nabi mengajak sahabat-sahabatnya menyantap bersama, beliau lalu bersabda: “Jika Aku mengatakan buah turun dari surga, maka buah ini-lah...”

Menurut Imam Ibnu al-Jawziyyah, Buah Tin memiliki banyak khasiat, diantaranya dapat mengurangi penyakit sesak nafas, membersihkan hati dan limpa juga pengencer dahak serta memberi khasiat yang baik pada tubuh, sebagai langkah pencegahan untuk melawan racun di tubuh kita.

Oliver Alabaster mengatakan, jika anda mengambil Buah Tin, maka sebenarnya anda telah mengambil makanan yang menjamin kesehatan anda dalam jangka panjang.

Buah Tin adalah "Nature's most nearly perfect fruit", yaitu buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan. Buah tin telah dianggap oleh pakar-pakar makanan - saat ini - sebagai makanan Nutraseutikal (functional food), karena Buah Tin bukan sekedar mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu dan bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu. Pohon tin merupakan salah satu tumbuhkan herbal tertinggi akan sumber kalsium dan serat.

Menurut USDA data untuk Misi variasi, menyimpulkan bahwa:
Buah tin kering terkaya akan serat, tembaga, mangan, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K, relatif diperlukan terhadap kebutuhan tubuh manusia.
Buah tin karena kaya kandungannya akan serat, maka mampu mengurangi berat badan. Oleh karena itu Buah tin sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.
Buah tin juga kaya dengan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C. Dan mengandung garam pokok seperti: Kalsium, fosfor, zat besi yang membangun pertumbuhan badan dan pembangkit tekanan darah.

Kandungan-kandungan buah tin seperti serat, kalium, dan magnesium dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi.
Dalam sebuah studi, 40 gram bagian buah tin kering (dua ukuran medium tin) menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas antioksidan plasma dalam darah.
Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang.
Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% daripada kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion) .

Tin memiliki jumlah yang lebih kecil dari banyak nutrisi lain, ia memiliki efek pencahar dan mengandung banyak antioksidan, merupakan sumber yang baik flavonoid dan polyphenol.
Kandungan serat yang terdapat di dalam buah tin dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil, untuk itu sangat cocok bagi penderita penyakit kencing manis.
Buah tin dipergunakan sebagai bahan pelancar (laxative), penahan sakit dan unsur perkumuhan air kencing (diuretik).
Buah tin mengandung khasiat yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, ia tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi.

Buah Tin dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker, ia mengandung "polyphenols" yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh, karena dapat berfungsi sebagai free radical dalam tubuh yang menyebabkan kanker.
Buah Tin juga mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu "benzaldehyde" dan "coumarins". "Benzaldehyde" telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor sedangkan "coumarins" adalah untuk merawat kulit dan kanker prostate.
Buah tin telah dikenal kemujarabannya oleh ahli pengobatan tradisional pada dekade terakhir ini, khususnya pengobatan herbal, dan diakui secara medis menyembuhkan berbagai penyakit seperti: Mengobati luka-luka, borok, flu burung, maag, gangguan sirkulasi menstruasi pada wanita dan luka bakar. Buah tin kering mengandung kadar gula tinggi, dan sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak, orang diet dan olahragawan, tetapi hendaknya dihindari oleh penderita gula tinggi dan kolesterol.

Kesimpulan: Salah satu jenis buah yang mendekati nilai sempurna dalam hal kandungan gizinya sehingga dapat menjadi obat bagi penyakit kencing manis, kangker, anti tumor, merawat kulit dan kangker prostat, anioksidan plasma darah,
Kandungan dominan: serat dan kalsium serta garam pokok
Kegunaan: berfungsi untuk membersihkan hati dan jiwa yang kotor.

KHASIAT BUAH ZAITUN


Pohon zaitun disebutkan sebanyak delapan kali di dalam al-Qur'an, sekali di antaranya dalam bentuk sumpah, dimana Allah apabila bersumpah atas suatu makhluk-Nya pastilah yang disumpahkan tersebut sesuatu yang sangat istimewa dan bermanfaat ganda, sebagaimana dijelaskan pada kajian pohon tin di atas karena Allah SWT pada waktu yang sama dan di ayat yang sama bersumpah: "Demi pohon tin dan pohon Zaitun." (QS: 095: 1)

Pohon zaitun merupakan salah satu pohon tertua yang tumbuh dimuka bumi, daunnya selalu hijau yang tingginya mencapai 15 meter. Pucuk daunnya sedang (tidak besar dan tidak pula kecil), berbunga kemudian menghasilkan buah setelah berusia 4 tahun dan akan memproduksi buah secara terus-menerus selama sekitar 2000 tahun. Pohon zaitun berumur panjang, hingga satu pohon usianya bisa mencapai 5000 tahun.

Oleh sebab itu, Allah mengistimewakannya dan menyebutnya sebagai pohon mulia. Hanya pohon zaitunlah satu-satunya memperoleh predikat tersebut. Zaitun tergolong jenis pohon-pohonan penghasil minyak, mampu beradaptasi dengan musim kering yang berkepanjangan. Ia tumbuh dengan amat pelan tetapi umurnya sangat panjang.

Pohon-pohon zaitun rata-rata berumur panjang, sekalipun dahan dan batang-batangnya telah mati, pohon zaitun mampu untuk tumbuh kembali dan menghidupkan lagi pohonnya dengan dahan dan tangkai-tangkai baru. Kawasan Timur Tengah merupakan negeri asal pohon zaitun. Negeri asal zaitun adalah Asia, terutama Suria, Libanon, Yordania, Palestina, dan lebih khusus negara-negara pesisir perairan Mediterania seperti: Turki, Italia, Spanyol, Tunis, Aljazair, dan Maroko. Dan dapat ditemukan juga di negara-negara seperti: Chili, Peru, dan juga Selatan Australia.

"Pada tempat yang diberkahi, dari sebatang pohon kayu (pohon zaitun)" (QS: 028: 30)

Antara lain berkah pohon ini yang diperincikan Allah; pada ayat ke-35 dari surah An Nur dikatakan: "Yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api".

Produk-produk pohon zaitun yang mengandung khasiat herbal, yaitu: minyak zaitun, daun, buah, kulit pohon zaitun. Kandungan-kandungannya terdiri dari: Asam Benswik, dan bahan-bahan lain seperti Olivile, dan gula disebut "Mannite" yang terdapat pada daun hijau dan buah zaitun.

Minyak zaitun juga mengandung Plorite "Triolein Tripalmitin", terdapat juga bahan seperti "arachidic esters", dan sedikit mengandung bahan acid yang disebut "free oleic acid". Selain itu zaitun juga mengandung air dan kandungan mineral yang cukup banyak seperti kalsium, pengawet, dan vitamin-vitamin: (E, B2, PP, B1, dan vitamin A).

Dan kandungan gizi yang terdapat pada buah zaitun hitam lebih banyak dari yang ada pada buah zaitun hijau. Sedangkan pada daun zaitun terdapat kandungan-kandungan kimia berupa "Oleuropein acid", yaitu jenis racun berbahaya untuk membunuh jenis-jenis kuman, virus, bakteri-bakteri, dan jenis-jenis cacing.

Kegunaan Dan Kandungan Nutrisi Pohon Zaitun:

-Daun Zaitun mengandung daya tangkal yang efektif dan mencegah berbagai penyakit, air rebusan daun zaitun dan kulitnya dipergunakan untuk menurunkan panas yang efektif.
-Daun zaitun juga mengandung bahan-bahan natural membunuh mikrobat, jenis-jenis virus, dan bakteri-bakteri.
-Daun zaitun mengobati penyakit yang baru ditemukan disebut (CFS) "Chronic Fatigue Syndrome".
-Daun zaitun mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes.
-Daun zaitun membantu meringankan penderita AIDS yang disebabkan oleh HIV, atau daun zaitun menguatkan kekebalan tubuh menangkis serangan virus HIV.
-Daun zaitun membantu mengurangi stress tubuh, kelelahan fisik, mengurangi dampak nyeri-nyeri disebabkan oleh penyakit menahun yang parah seperti: Aids, kanker, meringankan beban penderita, dan melawan virus-virus yang menyebabkan penyakit-penyakit berat tersebut dengan dua cara: Pertama, mencegah penyebaran virus-virus ganas itu, dan kedua, mengaktifkan dan mengontrol fungsi kekebalan tubuh untuk menciptakan jaringan-jaringan khusus membunuh virus-virus yang menyerang.
Daun zaitun mengobati penyakit-penyakit flu dan influenza yang tidak dapat dicegah dengan anti-biotik.

-Minyak zaitun dan daunnya berguna untuk mengobati penyakit jantung karena menurut hasil penelitian bahwa kedua produk zaitun ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Minyak zaitun memberikan kelembutan natural, melembutkan kulit dan wajah. Minyak zaitun dipergunakan untuk berbagai produk-produk kecantikan seperti: Krim Rambut, produk-produk krim untuk wajah, dan sabun.

-Olesan minyak zaitun dapat menghilangkan gatal-gatal, mencegah pengelupasan kulit, bintik-bintik, dan alergi. Mengobati luka memar, luka terbakar, dan sengatan sinar matahari.
-Minyak zaitun dipergunakan bersama dengan obat-obat tertentu untuk mengobati penyakit kulit dan lemak. Minyak zaitun menguatkan rambut, memberikan kelembutan dan kesegaran.
Rebusan daun zaitun membantu menurunkan kadar gula darah.
-Mengobati nyeri otot, persendian, dan nyeri-nyeri lainnya.
-Minyak zaitun dapat mencegah dan mengurangi strechmark pada wanita hamil atau habis melahirkan.
-Minyak zaitun memperlancar BAB dan membantu membuang batu ginjal lewat buang air besar.
Minyak zaitun mengobati penyakit-penyakit dada dan dipergunakan untuk meringankan penderita cacar.

-Riset telah membuktikan bahwa minyak zaitun efektif mencegah kanker.
-Minyak dan buah zaitun menguatkan penglihatan, mencegah rabun malam berkat kandungan vitamin A yang tinggi, dan mencegah kelelahan kelopak mata.
-Memperkuat daya seksual karena mengandung vitamin A dan E.
Catatan:
Hadits lain diriwayatkan oleh 'Abed bin Hamid dalam musnadnya dari Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Berselei-lah dengan minyak (zaitun) dan celupkanlah roti (makananmu) dengannya, karena minyak itu keluar dari pahon yang mulia".

Kegunaan: Bisa mencegah kangker, meringankan penderita AIDS/HIV, mengobati penyakit jantung, batu ginjal,menurunkan kadar gula darah, mengobati penyakit yang baru ditemukan (CFS) "Chronic Fatigue Syndrome".


KHASIAT BUAH DELIMA


Minuman sari buah delima dikenal buah Pome sebagai sari buah sehat, tinggi khasiatnya. Sari buah delima tinggi kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg/gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung (Time, Desember 2003).

Sari buah delima juga tinggi kandungan flavonoid-nya, suatu jenis antioksidan kuat yang penting perannya untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

Bahkan kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada wine atau teh hijau. Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali.

Selain yang sudah disebutkan di atas, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, reumatik, kurang darah, dan diabetes.

Laporan dari California University: Hasil riset terbaru melaporkan bahwa: Herbal jus delima sangat kaya dengan bahan antioksidan, yang memacu aktifitas darah pada bagian kelamin, riset ini dilakukan oleh Dr. Cristopher Forest dengan mengambil sample 53 laki-laki yang menderita kelemahan seksual. Setelah mereka diberi minum jus delima selama sebulan, hasilnya lebih dari separuh dari penderita tersebut mengalami kemajuan yang sangat signifikan.

Khasiat: Mengcegah penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol, mencegah penyakit jantung, kangker kulit, kangker prostat, menurunkan resiko terkena Alzheimer, mengobati Diabetes, meningkatkan seksualitas.

KHASIAT BUAH PISANG

Para ahli bahasa menjelaskan bahwa pohon pisang disebutkan secara nyata dalam konteks al-qur'an hanya pada satu tempat saja dan dalam bentuk floral, yaitu ketika Allah SWT menyebutkan prioritas-prioritas ni'mat yang banyak untuk golongan kanan (penghuni surga) yang berada di antara pohon bidara yang tak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). (QS: 056: 28-29).

Artinya: "Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)," (QS: 056: 29).

Pohon pisang dalam bahasa al-qur'an adalah "Atthalhu", sebagaimana disepakati mayoritas fakar tafsir dunia bahwa "Pohon (thalhu) yang bersusun-susun" adalah pohon pisang karena bersusun-susun satu sama lain laksana jari jemari atau sisir.

Artinya: “bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.” (QS: 075: 4).

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Pisang, sebagaimana dikenal juga sebagai santapan filosof atau buah orang-orang bijaksana, Filosof Arab, ibnu Sina dalam bukunya "al-Qanuun" mensifatinya sebagai buah yang bergizi tinggi dan menambah kelembutan.

MANFAAT DAN KHASIAT HERBAL:
Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Oleh sebab itu sebagian filosof menyebut buah ini dengan sebutan buah kebijaksanaan karena dahulu filosof India berteduh di bawah naungan pohon pisang dan buahnya dijadikannya sebagai santapan kegemaran yang bergizi untuk menambah energi merenungi keajaiban alam semesta.

Ada banyak manfaat yang dikandung buah pisang diantaranya adalah: dapat menyembuhkan penyakit Gula atau Diabetes Melitus, menyembuhkan Kanker Perut, menyembuhkan Sakit Kuning, menyembuhkan Pendarahan Usus Besar, menyembuhkan Radang lambung, dan lain-lain.


KHASIAT BUAH KURMA

Buah Kurma, buah-buahan yang disebut dalam surah Maryam, pohonnya tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma.

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: 'Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah...." (QS. Maryam : 24-26)

Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita untuk memperhatikan buah kurma. Dengan meneliti isi kandungan buah ini akan membuat kita lebih paham tentang maksud Ilahi itu. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Sudah pasti tiap persalinan selalu mengeluarkan banyak darah, yang dengan sendirinya jumlah gula darah yang tertumpah karenanya cukup banyak. Karena gula yang lenyap itu harus diganti, keterlibatan kurma, seperti pada persalinan Maryam, nyata benar manfaatnya sebagai tambahan. Kurma juga mengurangi tekanan darah. Meskipun daging sangat besar manfaatnya, tapi tidaklah sebanding dengan lebih besarnya manfaat kurma segar dalam segala hal. Mengonsumsi terlalu banyak daging, yang tak terbantahkan mengandung banyak protein, tidaklah mustahil pada saat yang sama dapat mengakibatkan keracunan. Jadi, makanan-makanan ringan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, yang tentu saja mudah dicerna, hendaknya lebih menjadi pilihan.

Di saat yang sama, kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak. Buah Kurma, dengan kandungan 2.2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. Vitamin A meningkatkan kemampuan pandangan mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sehat sempurna, menunjang tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, mengatur selera makan dan pencernaan, serta memberdayakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein-protein yang disebutkan tadi, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan untuk penyedian energi dan pembaharuan sel.

Di samping itu, kurma juga mengandung banyak mineral yang esensial bagi tubuh (seperti potassium, sodium, kalsium, besi, mangan, dan tembaga). Bila potassium dan sodium bekerja bersamaan, mereka bertindak selaku pengatur ritme detak jantung. Dengan menfasillitasi pengalihan oksigen ke otak, potassium dapat memberdayakan pikiran jernih. Lebih jauh lagi, ia menyediakan kandungan alkali secukupnya pda cairan tubuh, merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolis, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan menunjang pembentukan kulit sehat.




Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. terima kasih mas,, infonya sangat bermanfaat sekali buat saya
    Jual Bibit Durian

    BalasHapus
  2. kaya Jual Propolis aja obat segala penyakit. tapi memang bener itu

    BalasHapus
  3. Makasi ya atas informasinya sangat bermanfaat sekali
    disini

    BalasHapus