Kamis, 17 November 2011

Ilmuwan Temukan Pulau Purba di Kedalaman Laut

Para ilmuwan menemukan dua pulau prasejarah yang tenggelam di Laut India wilayah barat Australia.

Seperti yang dikutip dari Foxnews, pulau yang ukurannya sebesar Skotlandia tersebut, dulunya diperkirakan merupakan bagian dari benua super Gondwana, yang kini berada 1,6 kilometer di bawah permukaan laut.

Para peneliti dari University of Sydney, Macquarie University dan University of Tasmania, mengatakan bahwa pulau tersebut dulunya berada di atas permukaan air dan merupakan penghubung dari benua Australia sampai India.

Para ilmuwan mendapat penemuan ini ketika mereka sedang memetakan dasar laut dari Perth Abyssal Plain.

"Data tersebut dikumpulkan dalam penjelajahan kami. Data tersebut juga mampu membantu kami memahami India, Australia dan Antartika telah terpisah dari benua super Gondwana," jelas Dr. Joanne Whittaker, geolog dari University of Sydney.

Pulau hilang yang dijuluki sebagai 'benua mikro' itu terbentuk ketika India bergerak menjauh Australia, sekira 130 juta tahun yang lalu, ketika periode Createcous dan dinosaurus sedang berkuasa, sebelum akhirnya mulai terlepas sehingga membentuk gugusan-gugusan pulau.

"Pulau purba yang tenggelam tersebut memiliki permukaan atas yang datar, yang menandakan bahwa dulu wilayah tersebut berada di atas permukaan laut, sebelum akhirnya tenggelam," jelas Whittaker.

Diposting oleh Yasirmaster


Artikel Terkait: