Selasa, 01 November 2011

Penduduk Dunia 7 Milyar, Islam Dua Kali Lipat

Hidayatullah.com-- Sebuah laporan PBB mengatakan populasi dunia mencapai tujuh miliar jiwa pada hari Senin (31/10/2011) kemarin.

Laporan tersebut memandang tonggak populasi tujuh miliar sebagai tanda kelangsungan hidup lebih lama dan peningkatan tingkat kelahiran bayi yang hidup. Para ahli mengatakan laporan PBB memperlihatkan perbedaan jumlah penduduk negara-negara di dunia.

Salah seorang penulis studi tersebut, Richard Kollodge, seperti dikutip BBC mengatakan banyak negara berpenghasilan rendah di sub-Sahara Afrika dan beberapa negara di Asia telah melihat pertumbuhan populasi melampaui tingkat pertumbuhan ekonomi.

Penduduk Asia sebesar 4,2 miliar merupakan wilayah dengan jumlah penduduk paling padat di dunia. Sementara itu, tingkat pertumbuhan penduduk di Afrika diperkirakan tiga kali lipat menjadi 3,6 miliar pada awal abad berikutnya.

Tingkat kehamilan di negara-negara Eropa dan Jepang turun di bawah tingkat pergantian penduduk, hal ini menyebabkan keprihatinan akan kekurangan tenaga kerja dan produktivitas yang dapat mengancam kualitas hidup.

Muslim dua kali lipat

Sebelum ini, sebuah lembaga survey juga memprediksi, jumlah penduduk muslim dunia akan bertambah dua kali lebih cepat dibandingkan penduduk non muslim dalam 20 tahun ke depan.

Hasil sebuah penelitian ini juga memprediksi bahwa dalam satu generasi mendatang penduduk muslim dunia akan mencapai lebih dari seperempat total populasi dunia.

Pew Forum on Religion and Public Life pernah memproyeksikan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk muslim dunia adalah 1,5 persen per tahun, sementara penduduk non muslim hanya tumbuh 0,7 persen per tahun.

Penelitian bertitel "The Future of the Global Muslim Population" pernah memproyeksikan bahwa jumlah penduduk muslim pada 2030 akan mengambil 26,4 persen dari total populasi dunia yang diperkirakan akan mencapai 8,3 miliar jiwa. Itu menandakan penduduk muslim saat ini yang mengambil porsi 23,4 persen dari total penduduk dunia yang sekarang mencapai 6,9 miliar, mengalami peningkatan 3 persen.

Lebih dari enam dari setiap 10 pemeluk agama Islam tinggal di kawasan Asia Pasifik pada 2030. Di Afrika, populasi penduduk muslim di Nigeria yang adaalah negara sub-sahara, akan melampaui jumlah penduduk muslim Mesir pada 20 tahun mendatang, ungkap penelitian tersebut.

Di Eropa, Pew memprediksi bahwa jumlah penduduk muslim akan meningkat hampir sepertiga dari jumlah sekarang pada 20 tahun ke depan, dari 44,1 juta orang atau enam persen dari total penduduk Eropa pada 2010, menjadi 58,2 juta orang atau delapan persen dari total penduduk Eropa pada 2030.

Sementara itu jumlah penduduk muslim AS diperkirakan akan tumbuh dari tingkat sekarang yang kurang dari 1 persen menjadi 1,7 persen pada 2030.*


Artikel Terkait: