Senin, 15 September 2014

Sejarah Terbentuknya ISIS

Apa dan siapa sih ISIS itu? semua orang membicarakannya tetapi nampaknya sangat sedikit informasi lengkap tentang identitas mereka yang lagi nge-hits di dunia maya ini. Penasaran dan keppo kan dengan organisasi yang satu ini. Kalo dilihat sepintas nampaknya kelompok ini punya tujuan mulia, namun akibat banyaknya media yang menyudutkan dan sikap pemerintah yang sangat fobia dengan jaringan teroris, maka kalompok ini terkesan radikal dan angker, ada yang mengatakan kelompok ini adalah cikal-bakal terbentuknya pasukan panji-panji hitam, sebuah pasukan elit muslim yang berperang melawan dajjal bersama imam mahdi di akhri jaman nanti, dan nyatanya memang kelompok ini sangat ditakuti oleh negara adikuasa sekelas amerika serikat dan inggris, jika memang benar maka ini adalah titik awal yang baik seharusnya bagi kaum muslim sedunia, karena telah lahir para pejuang sejati.

ISIS : Islamic State in Iraq and Syria atau Islamic State in Iraq and al-Shām, atau Negara Islam di Irak dan Suriah, adalah sebuah negara baru yang berada di antara wilayah Irak dan Suriah. Mereka menerapkan sistem kekhalifahan dalam pemerintahannya, yang merupakan model kepemerintahan islam. Tak ada hal yang luar biasa di telinga saya sebelumnya kecuali dua hal, yaitu:
1. Panji-panji mereka atau bendera gerakan mereka berwarna hitam dan berlafaskan kalimat la ila ha ilallah hampir seperti lambang panji-panji yang akan dibawa oleh laskar imam mahdi seperti ramalan Rasulullah SAW.
2. Abu bakar al-baghdadi, pemimpin gerakan ISIS, mengatakan akan memimpin langsung penaklukan kota Roma.
Ya, pembukaan kota Roma di bawah kepemimpinan islam adalah harapan besar dan penyemangat umat setelah pembukaan kota konstantinopel oleh sultan Muhammad Al-fatih, berabad-abad silam.

berikut uraian lengkap sejarah terbentuknya ISIS

Sejarah lengkap ISIS

Negara Islam Irak dan Suriah ISIS merupakan kelompok Jihadis yang aktif di Irak dan Suriah. ISIS dibentuk pada April 2013 dan cikal bakalnya berasal dari al-Qaida di Irak (AQI), tetapi kemudian dibantah oleh al-Qaida. Demikiran reportase yang dikutip dari laman BBC Indonesia.

Kelompok ini menjadi kelompok jihad utama yang memerangi pasukan pemerintah di Suriah dan membangun kekuatan militer di Irak.

Huruf "S" dalam singkatan ISIS berasal dari bahasa arab "al-Sham", yang merujuk ke wilayah Damaskus (Suriah) dan Irak.


Tetapi dalam konteks jihad global disebut Levant yang merujuk kepada wilayah di Timur Tengah yang meliputi Israel, Yordania, Lebanon, wilayah Palestina, dan juga wilayah Tenggara Turki.

Jumlah mereka tidak diketahui secara pasti, tetapi diperkirakan memiliki ribuan pejuang, termasuk jihadis asing.

Koresponden BBC mengatakan tampaknya ISIS akan menjadi kelompok jihadis yang paling berbahaya setelah al-Qaida.

Siapa Abu Bakr al-Baghdadi?

Organisasi ini dipimpin oleh Abu Bakr al-Baghdadi. Hanya sedikit yang mengetahui tentang dia, tetapi dia diyakini lahir di Samarra, bagian utara Baghdad, pada 1971 dan bergabung dengan pemberontak yang merebak sesaat setelah Irak diinvasi oleh AS pada 2003 lalu.

Pada 2010 dia menjadi pemimpin al-Qaida di Irak, salah satu kelompok yang kemudian menjadi ISIS.

Baghdadi dikenal sebagai komandan perang dan ahli taktik, analis mengatakan hal itu yang membuat ISIS menjadi menarik bagi para jihadis muda dibandingkan al-Qaeda, yang dipimpin oleh Ayman al-Zawahiri, seorang teolog Islam.

Prof Peter Neumann dari King's College London memperkirakan sekitar 80% pejuang Barat di Suriah telah bergabung dengan kelompok ini.

ISIS mengklaim memiliki pejuang dari Inggris, Prancis, Jerman, dan negara Eropa lain, seperti AS, dunia Arab dan negara Kaukakus.

Sumber dana

Tak seperti pemberontak di Suriah, ISIS tampak akan mendirikan kekhalifahan Islam di Suriah dan Irak.

Kelompok ini tampak berhasil membangun kekuatan militer. Pada 2013 lalu, mereka menguasai Kota Raqqa di Suriah - yang merupakan ibukota provinsi pertama yang dikuasai pemberonyak.

Juni 2014, ISIS juga menguasai Mosul, yang mengejutkan dunia. AS mengatakan kejatuhan kota kedua terbesar di Irak merupakan ancaman bagi wilayah tersebut.

Kelompok ini mengandalkan pendanaan dari individu kaya di negara-negara Arab, terutama Kuwait dan Arab Saudi, yang mendukung pertempuran melawan Presiden Bashar al-Assad.

Saat ini, ISIS disebutkan menguasai sejumlah ladang minyak di wilayah bagian timur Suriah, yang dilaporkan menjual kembali pasokan minyak kepada pemerintah Suriah.

ISIS juga disebutkan menjual benda-benda antik dari situs bersejarah. ISIS menguasai kota Raqqa dan kota utama Mosul di Irak utara.

Prof Neumann yakin sebelum menguasai Mosul pada Juni lalu, ISIS telah memiliki dana serta aset senilai US$900 juta dollar, yang kemudian meningkat menjadi US$2 milliar.

Kelompok itu disebutkan mengambil ratusan juta dollar dari bank sentral Irak di Mosul. Dan keuangan mereka semakin besar jika dapat mengontrol ladang minyak di bagian utara Irak.

Kelompok ini beroperasi secara terpisah dari kelompok jihad lain di Suriah, al-Nusra Front, afiliasi resmi al-Qaeda di negara tersebut, dan memiliki hubungan yang "tegang" dengan pemberontak lain.

Baghdadi mencoba untuk bergabung dengan al-Nusra, yang kemudian menolak tawaran tersebut. Sejak itu, dua kelompok itu beroperasi secara terpisah.

Zawahiri telah mendesak ISIS fokus di Irak dan meninggalkan Suriah kepada al-Nusra, tetapi Baghdadi dan pejuangnya menentang pimpinan al-Qaida.

Di Suriah, ISIS menyerang pemberontak lain dan melakukan kekerasan terhadap warga sipil pendukung opoisisi Suriah.

(nu.or.id / mukafi niam)


Versi lain...



silahkan simak di buku sejarah manapun
sejarah ISIS; dimulai saat AS menyerang irak dengan tuduhan rezim sadam husain menyimpan senjata pemusnah massal. lalu seluruh rakyat sunni iraq dibantu oleh mujahidin yang datang dari arab saudi melakukan perlawanan yang sangat keras terhadap AS. sebaliknya rakyat syiah iraq menganggap serangan AS ke iraq sebagai pembebas, yang dinilai rezim sadam sanggat menindas mereka(syiah). oleh karena itu rakyat syiah rela dijadikan pemerintahan boneka oleh AS Nuri maliki terpilih menjadi perdana mentri. pada puncak perang iraq kelompok kelompok jihad sunni yang berasal dari irak dan arab saudi menggabungkan diri dengan nama ISI (islamic state iraq) yang di proklamirkan oleh Abu Hamzah Al muhajir pada tahun 2006 Abu Umar al bagdadi terpilih menjadi amir ISI. semua itu demi memantapkan koordinasi pasukan perlawanan terhadap penjajah AS yang saat itu masih ada di iraq. dengan berbagai propaganda dan bantuan rezim boneka iraq nuri maliki AS berhasil menekan ISI pada akhir 2007. 2 pimpinan ISI Abu Umar dan Abu hamzah syahid. ISI memang dikalahkan tapi tidak sepenuhnya kalah.

Setelah kematian kedua pemimpinya ISI mengankat Abu dua alias ABU BAKAR AL BAGDADI sebagai amir mereka yang baru. sebelumnya Abu bakar al bagdadi pernah mendekap dalam penjara AS dikarenakan ia turut aktif dalam gerakan jihad melawan AS. pada tahun 2011 AS manarik pasukanya dari iraq dengan membawa kerugian yang sanggat dalam. dan meninggalkan rezim boneka mereka syiah Nuri Maliki/ Al maliki. pada tahun 2011 terjadilah revolusi suryah di mana rezim Basyar assad membantai rakyatnya sendiri. pasukan ISI yang berada di gurun anbar di iraq turut mengirinkan tentaranya ke suriah, atas kegigihanya dalam berperang serta konsistensi mereka terhadap syariat islam mereka mendapat banyak dukungan sehingga tahun 2013 lalu abu bakar al bagdadi resmi memproklamirkan ISIS (islamic state iraq and syria). pada desember 2013 rakyat sunni iraq yang merasa di tindas oleh rezim boneka AS nuri maliki melakukan revolusi besar besaran. lalu ISIS menjadi pemimpin dalam revolusi itu. jumlah mereka yang hanya tersisa 1000 orang di iraq langsung bertambah menjadi berkali-kali lipat dikarenakan banyaknya rakyat sunni iraq yang bergabung denganya. mereka berhasil mengepung bagdad dari utara, selatan, dan barat. dalam sekejab kekuasaan ISIS membentang sangat luas di iraq.

Sedang rezim syiah Nuri maliki merenggek minta bantuan AS untuk menghadapi ISIS, sedang iran menerjunkan ratusan pasukan khususnya ke iraq untuk melindungi Kuil Syiah mereka di kota samara. setelah ISIS merebut beberapa kota kurdi AS mulai merespon permintaan Nuri maliki. pada bulan Agustus ini AS mulai melancarkan serangan udara kepada ISIS. begitulah ISIS bembongkar hubungan gelap antara AS dan IRAN yang sama-sama membantu rezim boneka syriah AS "NURI MALIKI/ AL-MALIKI" dalam memerangi rakyat sunni iraq yang di pimpin oleh ISIS. jika ISIS buatan AS untuk apa AS harus menyerang ISIS tinggal suruh ISIS berhenti aja udah cukup?... jika IRAN benar benar musuh israel, kenapa ia tidak terjunkan tentaranya ke gaza?... malah ke irak dan suryah untuk memerangi alu sunnah. ISIS sudah punya cabang pasukan di gaza sekitar 300 orang bernama "Nusrah AL-Maqdisy". Al- Qaeda juga punya pasukan di sinai aktif memerangi ISRAEL jumlahnya 1000 orang lebih bernama "Anshar baitul baqdis", cabang di utara gaza bernama "Qatib Abdullah Azam". nah ISIS dan AL-qaeda sudah terbukti nerjunkan pasukan ke gaza. mana IRAN?......


Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Jangan bodoh bung!

    Jangan mau digoda dengan surga palsu. Bunuh diri itu dosa apalagi sambil membunuh orang.
    Itu ajaran mana ? Nabi muhammad tak pernah mengajarkan kekerasan .
    Isis memang islam tapi mahzabnya sungguh sesat.

    Udah jelas isis itu buatan usa seperti yg dibeberkan sendiri oleh hillary clinton (mungkin takut keduluan snowden yang membocorkan).
    Isis diciptakan bukan untuk berdamai dengan usa tapi mereka diciptakan agar menjadi sangat radikal dengan siksaan dan brainwash, termasuk menyatukan mereka di camp bucca para terorris digiring dan diberi keleluasaan tukar pendapat dan merencanakan membangun negara baru, termasuk mensusupkan para agen CIA nya termasuk haji bakr (dajal kecil) untuk berceramah disana, walau sedikit berbeda daripada konspirasi hagel di afgan tapi tujuannya sama yaitu menciptakan kelompok islam radikal yang akan membawa dunia menggaungkan ISLAM PHOBIA.

    Usa dan negara barat lainnya sangat senang apabila umat islam saling bunuh dan saling mengkafirkan. Mereka diuntungkan dengan penjualan senjata dan mereka juga inginkan citra islam menjadi buruk.(islam phobia). karena mereka takut dengan penyebaran islam yang tercepat didunia.

    Pernahkan isis serang israel ? Itu takkan terjadi karena dalan doktrin mereka israel yang paling ditakuti .

    Surga yang yg benar melalui segala perbuatan baik, bukan lewat jalur yang jahat .

    BalasHapus