Selasa, 09 Juni 2015

HIDUP SEHAT ITU SEDERHANA DAN MURAH, INI TIPSNYA

Ada anggapan bahwa jika ingin hidup sehat, maka itu adalah sangat mahal, mahal dalam artian seseorang harus merogoh kantong cukup dalam untuk mempertahankan kesehatan, karena jika seseorang udah mengalami sakit, maka uang yang harus dikeluarkan sangatlah banyak. Maka dari itu lebih baik bersusah payah menjaga pola hidup sehat daripada harus menunggu jatuh sakit. Dalam ungkapan ini ada kesan bahwa kerasnya usaha seseorang dalam menjaga kesehatan nilainya sebanding dengan tingginya biaya perawatan di rumah sakit. Dari anggapan ini juga akhirnya timbul pemikiran bahwa setiap orang yang ingin sehat, maka ia juga harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk biaya perawatan. Lalu datanglah berbagai produsen obat menggelar dagangannya berlabel herbal dan suplemen kesehatan yang harganya juga selangit. Logikanya jika seseorang ingin sehat, maka ia tidak membutuhkan biaya tambahan apapun. Karena seharusnya hanya perlu modal niat.

Dalam artikel ini penulis akan membantu anda untuk memperbaiki pola pikir salah seperti itu. Bahwa untuk mencapai hidup sehat, tidaklah harus mengeluarkan uang sepeserpun, sebaliknya anda akan bisa menambah penghasilan anda, atau bahkan tips ini bisa membantu anda mengatasi permasalahan melambungnya berbagai harga kebutuhan pokok. Bagaimana caranya? Tips ini tidak akan pernah anda temukan di halaman web manapun, karena ini adalah hasil penemuan dan inovasi baru. Setelah membaca ini, dijamin pola pikir dan pola hidup anda akan berubah dan seketika anda akan menjadi sehat? gak percaya? cma butuh waktu gak lebih dari 5 menit untuk membacanya, dan anda tidak dipungut biaya sama sekali, selamat membaca dan memulai hidup baru.

Semua orang pasti ingin hidup sehat dan bahagia, semua orang ingin mendapatkan kesempatan menikmati hidup sehat dan panjang umur. Tapi tahukah anda bahwa saat ini hal itu sudah menjadi barang langka dan tidaklah mudah mendapatkannya. Lihatlah di luar sana, ada banyak orang yang menderita sakit dan tidak bisa lagi memperbaiki hidupnya karena penyakit itu sudah merenggut seluruh kebahagiaannya. Bisakah kita merasakan penderitaan mereka dimana mereka tidak bisa lagi menatap masa depannya.

Banyak yang beranggapan bahwa penyebab utama kebanyakan orang menderita sakit kronis adalah karena pola makan yang salah. Hal ini memang benar adanya. Kesalahan dalam banyak hal, mulai dari komposisi makanan dan jumlah yang berlebih. Faktanya selama ini orang memang menganggap remeh hal yang satu ini, mereka mau melakukan apa saja untuk mengenyangkan perutnya. Namun seiring kebiasaan buruk itu, terdapat banyak hal buruk yang menyertai kebiasaan buruk itu, yaitu datangnya penyakit secara tiba-tiba. Walau sudah melakukan pola hidup sehat, namun tetap saja penyakit datang bersarang dalam tubuh. Lalu adakah solusinya?

Hanya ada satu saran bagi anda yang ingin hidup sehat, bahagia dan panjang umur. Caranya adalah hindari mengkonsumsi lemak yang ada di; dalaman sapi, kambing dan daging unggas dalam menu makanan sehari-hari. Terutama jeroan, usus, limpa, otak dan juga hasil tangkapan laut selain ikan seperti udang, cumi, kepiting dan kerang dsb. Termasu juga hindari makanan mengandung banyak lemak jenuh yang banyak terdapat dalam goreng-gorengan Jika usia anda sudah di atas 35 tahun, dan tubuh anda dalam keadaan kelebihan berat badan, maka sudah saatnya anda berhenti mengkonsumsi semua bahan makanan ini. Karena kedua jenis makanan ini mengandung darah, lemak dan kolesterol dalam jumlah berlebih, jika anda mengkonsumsi jenis makanan ini sehari-hari, apalagi dimakan sebanyak 3 kali dalam sehari, maka akan mengakibatkan darah anda menjadi kotor, istilah medisnya tercemar atau polutif. Jika darah sudah kotor, maka inilah yang dimaksud dengan kolesterol tinggi, kadar darah sudah pada tahap  mengkhawatirkan karena tingginya kadar kotoran dalam darah.

Coba saja anda bayangkan, dalam sehari ada waktu 24 jam, jika anda memakan jenis makanan tersebut jumlah kalori mencapai 1000 kalori (195kal/100mg) untuk tiga kali makan, sementara aktivitas anda hanya memerlukan 300 kalori (karena kebanyakan duduk didepan komputer), maka ada kelebihan 700 kalori yang akan disimpan dalam tubuh. Kelebihan sisa kalori ini jika tidak segera dibuang, maka ia akan mengendap dalam tubuh dan berubah menjadi penyakit di kemudian hari. Ini baru rutinitas yang anda lakukan dalam sehari, bagaimana jika ini berlangsung sudah puluhan tahun. Maka tubuh anda akan menjadi sarang penyakit baru dan terus berkembang menjangkit menjadi penyakit lain yang lebih mematikan. Ditambah lagi kebiasaan buruk seperti kurang olah raga, kurang minum air putih, dan kurang makan sayur dan buah, hal ini semakin memperburuk kesehatan. Penyakit semakin sulit dibersihkan dan makin betah hidup dalam tubuh kita.

Mengurangi kebiasaan makan makanan berlemak tidak akan membuat anda jatuh sakit, sebaliknya itu akan membuat anda makin sehat, karena otomatis tubuh akan mengambil cadangan lemak/kalori yang ada di dalam tubuh untuk dibakar menjadi tenaga dan bisa membuat anda tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Mengurangi asupan jenis lemak akan membuat peredaran darah lebih lancar, karena dengan demikian tubuh akan beristirahat sejenak dari rutinitas melarutkan unsure lemak berlebih yang biasa masuk ke dalam tubuh anda selama ini. Perlahan-lahan pencernaan kita juga akan menjadi sehat, karena kerjanya menjadi lebih ringan dalam mengolah makanan menjadi energy menjadi lebih cepat. Efek sederhana lainnya adalah dalam beraktifitas anda akan merasakan tubuh anda lebih ringan, karena tubuh telah melepaskan massa tubuhnya dengan mudah. Kemudian ini juga akan berdampak pada raut wajah anda, akibat aliran darah tidak ada sumbatan maka akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan tidak pucat.

Jika anda punya penyakit magh, maka dengan mengurangi kebiasaan makan makanan berlemak juga akan membantu mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika magh itu datang. Penyakit magh timbul akibat asam lambung yang tinggi, asam lambung diproduksi berlebih karena selama ini ia harus bekerja keras melarutkan berbagai bahan makanan berlemak dan mengandung gas seperti makanan pedas. Jika kebiasaan lama sudah dikurangi, maka otomatis pencernaan juga akan mengurangi produksi asam lambung secara berlebihan dan mulai lagi mengatur ritme pencernaan berjalan normal.

Jika sebelumnya anda biasa mengkonsumsi tiga macam menu daging dalam sehari, maka mulai kurangi menjadi sekali dalam sehari, lalu satu kali dalam seminggu dan seterusnya. Tips ini tidak mengharuskan anda menghilangkan sama sekali menu lemak dalam makanan anda, tetapi hanya di kurangi dari kebiasaan 3 kali dalam sehari menjadi sekali atau dua kali dalam seminggu. Menu daging dapat anda ganti dengan ikan atau telur sebagai sumber tenaga jika anda merasa lemas. Atau anda bisa atur sendiri berapa sering seharusnya anda memakan makanan jenis daging dan unggas, tergantung kebutuhan anda masing-masing, jangan di target dan jangan dipaksakan. Cara diet sehat seperti ini jauh lebih baik untuk kesehatan daripada dengan cara anda meminum obat pelangsing ataupun berolahraga keras, sementara asupan makanan anda tetap diatas normal kebutuhan kalori sehari-hari.

Dampak lain yang akan anda rasakan jika anda melakukan aktivitas ini adalah pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan focus, karena dengan darah yang bersih, maka oksigen akan mudah mengalir ke otak dan anda akan menjadi lebih stabil menjaga emosi. Anda tidak akan lagi merasakan perasaan yang meledak-ledak ketika menghadapi masalah, itu adalah efek sederhana yang dihasilkan manakala aliran darah itu sudah mengalir lancar. Beda situasi jika anda adalah pemakan daging dan unggas rutin, pada setiap ada persoalan maka anda akan cenderung mudah terbakar amarah, anda akan mudah mengambil keputusan tanpa dasar pemikiran yang jernih dan akan akan mudah meledak (marah seketika), itu adalah efek dari kotornya aliran darah yang mengakibatkan orang cenderung tidak bisa membendung emosi.

Kebiasaan sehat seperti ini sudah diterapkan orang-orang di jaman nenek-kakek kita terdahulu, mereka menamakannya rutual “mutih”, yang artinya mereka tidak mengkonsumsi makanan daging dan mengandung darah, hanya makan sayur dan kentang rebus dalam jangka waktu sebulan, semua makanan disajikan dalam bentuk rebusan, tidak mengandung minyak sama sekali. Namun jika itu diterapkan untuk masyarakat modern seperti sekarang ini pastinya sangat rentan, karena dinilai terlalu ekstrim. Disamping itu, ritual ini biasanya dilakukan hanya untuk jangka waktu tertentu misalnya sebulan, setelah ritual mutih selesai, dkhawatirkan akan kembali lagi kepada pola konsumsi sebelumnya, ini justru akan menjadi kurang baik bagi kesehatan, karena kegiatan mengurangi ini hanya terjadi sesaat, bukan menjadi kebiasaan rutin yang akan dijadikan kebiasaan selamanya.
Sebagai informasi tambahan, perlu anda ketahui juga bahwa apa yang terkandung dalam makanan berbahan dasar daging ayam tidak menyehatkan, justru sebaliknya ia adalah sumber bahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang baru dilakukan FDA di amerika terhadap daging ayam, diketahui bahwa daging ayam potong mengandung arsenik penyebab kanker. Dalam hal ini juga berlaku pada ayam potong yang digunakan untuk makanan cepat saji. Fakta ini sudah disimpan dan sengaja disembunyikan dari publik dalam kurun waktu 60 tahun ini. Jadi bisa kita bayangkan sudah berapa banyak bahan berbahaya arsenik yang selama ini masuk kedalam tubuh kita dan setiap saat bisa berubah menjadi pemicu kangker. Tidakkah kita ikut prihatin dengan kondisi ini.

Dan jika anda ingin jauh lebih sehat lagi, upayakan untuk menjauhi berbagai macam obat berbahan dasar kimia buatan pabrik. Karena dibalik fungsi menyembuhkan, dalam obat juga terdapat racun yang dapat merusak organ halus tubuh manusia, jika dikonsumsi rutin dan jangka panjang. Dan jika penyakit masih bisa disembuhkan dengan cara tradisional maka itu lebih baik, atau sebaiknya pilih obat-obatan herbal yang tidak mengandung kadar kimiawi didalamnya, obat herbal walau proses penyembuhannya lama namun itu adalah bagian dari proses alami tubuh merespon penyakit. Tips untuk anak-anak juga sama, jangan berikan mereka terlalu banyak makanan berlemak dan kadar garam yang tinggi hanya karena ingin mencapai pertumbuhan yang tinggi, perhatikan juga bahwa pencernaan mereka belum siap menerima berbagai bentuk zat kimia, sehingga di masa depannya mereka juga tidak akan mudah terkena penyakit kronis.

Sampai disini, kita bisa menerapkan pola hidup sehat, yang sesunguhnya memang akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat secara jasmani dan rohani. Mau tahu apa efek tips sehat ini bagi kejiwaan anda, bahwa dengan anda mengurangi konsumsi lemak berlebih yang berasal dari daging, maka hubungan anda dengan Tuhan akan makin harmonis, mengapa? Karena dengan jiwa yang tenang, maka tingkat kesadaran diri juga meningkat dan makin focus dalam berdoa.
Dan memang inti utama kesehatan manusia adalah terdapat pada aliran darah, semakin jernih kadarnya dan semakin lancar sirkulasinya maka akan semakin sehat orang tersebut. Jika anda masih sanksi dengan tips ini, cara mudah untuk membuktikannya sangat mudah. Perhatikan gaya hidup dan pola makan orang miskin dan kaum duafa, berapa banyak dalam seminggu mereka mengkonsumsi daging ayam dan sapi? jawabannya pasti jarang sekali atau mungkin hanya satu kali dalam sebulan, atau mungkin hanya setahun sekali, lalu apakah mereka memiliki riwayat penyakit mematikan akibat tidak pernah mengkonsumsi bahan makanan tersebut? jawabannya, justru sebagian besar mereka adalah orang yang badannya sehat, umurnya panjang dan tidak memiliki riwayat penyakit degeneratif sebagaimana yang banyak diderita orang-orang berpenghasilan menengah dan atas. Mereka adalah manusia tahan banting dan kuat melakukan pekerjaan kasar apapun, dan mereka tidak pernah mengeluh kesakitan. lalu dari mana asal datangnya energi yang mereka hasilkan? beberapa orang berpendapat, energi itu berasal dari dalam jiwa atau yang biasa disebut energi tenaga dalam. Energi ini bersumber dari dalam jiwa yang diserap dari energi yang bertebaran di alam ini, sumber energi ini jauh lebih besar dibanding energi yang berasal dari makanan. Ya itulan kenyataannya.

Tips sederhana ini mungkin agak sedikit melawan pakem yang ada di masyarakat bahwa pola makanan sehat adalah 4 sehat 5 sempurna, dalam sekali makan maka harus selalu ada daging sapi, ayam, udang ikan dan lain-lain? tapi sadarkah kita bahwa justru pola makan seperti itu yang selama ini membuat kita menderita penyakit akut, banyak orang menjadi kelebihan berat badan karena mereka tidak bisa mengendalikan pola makanannya, lalu mengalami hipertensi dan serangan jantung. Maka dari itu pola makan seperti itu sudah harus bergeser pada kesehatan yang tidak hanya bertumpu pada kekuatan tubuh saja, sudah harus bertumpu pada kekuatan spiritual yaitu kekuatan yang berasal dari dalam jiwa manusia. Berubah menjadi manusia yang kuat jiwa dan raga.

Sederhana kan tipsnya? Anda pastilah bisa melaksanakannya, karena tidak ada penambahan biaya sama sekali dan justru anda dapat mengurangi pengeluaran. Disamping itu tips ini juga bisa menolong anda dari dilema kenaikan berbagai bahan pokok yang semakin tidak terjangkau belakangan ini, jika anda bisa melaksanakan tips kesehatan ini, maka kondisi apapun yang terjadi di luar sana tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan dan kejiwaan anda. Karena sudha terbiasa hidup sehat jasmani dan rohani. Jika anda merasa tips ini cukup membantu dan juga bisa memberikan solusi bagi teman, saudara atau kerabat yang saat ini sedang mengalami masalah serupa, maka sebarkan ini kepada mereka, semoga saja bermanfaat dan bisa dilaksanakan dengan penuh kesadaran diri bahwa ini semata-mata untuk meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan Sang Maha Pencipta Alam. Amin


Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. bener sob lebih mudah dari pada harus mengobati penyakit...

    http://obattraditional.com/

    BalasHapus