Selasa, 19 Juli 2011

Obat Kumur Oral B Ditarik dari Pasaran

Jakarta: Penjualan dua jenis produk obat kumur bermerek Oral B ditarik dari pasaran di Singapura dan beberapa negara lain. Penyebabnya yakni timbulnya kekhawatiran bahwa produk tersebut telah terkontaminasi bakteri jenis tertentu.

Seperti dikutip dari Strait Times, Minggu (17/7), Procter & Gamble (P&G) selaku produsen melaksanakan penarikan dua produk tersebut setelah terdeteksi adanya kandungan bakteri Burkholderia anthina, yakni bakteri yang umumnya ditemukan dalam air dan tanah, dalam beberapa produk di pabrik di Kolombia. Adapun hadirnya Burkholderia anthina dalam obat kumur dikathui bisa membahayakan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau mereka yang menderita penyakit paru-paru kronis.

Kedua jenis obat kumur itu adalah Gum Care Mouth Rinse and Gum Care Alcohol-free Mouth Rinse. Selain di Singapura, penarikan peredaran dua produk itu juga diberlakukan di Kanada, Meksiko, Cile, Kolombia, China, Malaysia, dan Filipina. P&G mengatakan langkah itu diambil sebagai tindakan pencegahan supaya tidak menimbulkan risiko medis pada mereka yang yang sehat.

Sementara itu, The Health Sciences Authority di Singapura merilis pernyataan pada Jumat (15/7) bahwa orang yang telah menggunakan obat kumur tersebut tidak perlu terlalu khawatir. Namun, apabila mereka merasakan ada masalah pada kesehatan, ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter. (MI/RIE)

Artikel Terkait: