Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 09 Agustus 2011

Sistem Kapitalis Akan Hancur, Saatnya Kembali ke Sistem Ekonomi Islam

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad menyatakan bahwa sistem kapitalis akan runtuh dan tidak bisa diandalkan lagi dalam perekonomian. Oleh sebab itu, Revolusi Islam Islam Iran tidak akan menggunakan sistem-sistem Barat sebagai dasar filosofisnya.

Dalam pidatonya di hadapan para ulama di kota Hamadan pada Kamis (24/4) kemarin, Ahmadinejad mengatakan, "Ada sebagian orang yang meyakini bahwa kita bisa memperbaiki situasi perekonomian dengan menggunakan formula-formula yang dibuat oleh Barat."

"Mereka harus tahu bahwa sistem kapitalis sekaran sudah runtuh. Oleh sebab itu, filosofis Revolusi Islam Iran selayaknya tidak berdasarkan pada sistem-sistem Barat, " tandasnya.

Ekonomi Islami Solusi Krisis

Sementara itu seorang ulama yang juga menjabat sebagai dekan di International Center for Education in Islamic Finance (INCEIF) yang berbasis di Malaysia mengungkapkan, perekenomian berbasis Islam bisa menjadi solusi untuk keluar dari krisis perekonomian global sekarang ini.

"Krisis ini bisa dilihat sebagai kesempatan besar bagi industri keuangan Islami karena sistem Islami memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menstabilitaskan pasar, " kata Dr Muhammad Mahmud Awan dalam konferensi di Manama.

Menurut Mahmud Awan, krisis ekonomi global yang menyebabkan kerugian milyaran seharusnya tidak perlu terjadi jika prinsip-prinsip Islam terkait dengan kewajiban hutang yang dijami (collateralized debt obligations-CDOs) diterapkan di pasar finansial internasional.

Lebih lanjut Awan yang menjadi pembicara utama dalam konferensi dua hari yang diselenggarakan Universitas Bahrain itu mengatakan, sekaranglah saatnya industri perbankan Islam menawarkan solusi bagi komunitas perekonomian global, dalam upaya mengatasi krisis.Islam, masih kata Awan, menerapkan aturan yang sederhana dalam perekonomian. (ln/arabnews/presstv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post