Jumat, 12 Agustus 2011

Puasa Cegah Berbagai Penyakit Kronis

Dengan berpuasa maka kita dilatih untuk bersabar sehingga dapat mengendalikan emosi seperti kemarahan. Dengan dapat mengendalikan rasa marah, kita sama saja dapat mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh marah.

detikhealth - Ketika seseorang marah, maka otak diprogram untuk bereaksi agresif sehingga meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan adrenalin. Kondisi ini memicu perubahan fisik yang membuat seseorang merasakan kekuatan dan kekuasaan. Agar tak jadi penyakit, mulailah kendalikan amarah



Emosi marah yang timbul akan merangsang sisi otak sebelah kiri yang merupakan bagian otak yang berfungsi mengendalikan emosi. Tubuh akan bereaksi yang dimulai dengan bernapas lebih berat.

Akibatnya jantung akan berdetak lebih cepat untuk memompa oksigen, adrenalin dan kadar gula darah lebih banyak masuk ke aliran darah. Selain itu otot dan pembuluh darah menegang serta tekanan darah meningkat, yang membuat tubuh siap untuk bertindak.

Emosi marah yang berlangsung dalam jangka waktu lama atau sering akan menempatkan stres pada tubuh yang dapat mengakibatkan masalah medis atau penyakit seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (15/7/2011) yaitu:

Penyakit jantung
Sakit pinggang kronik
Masalah pada perut dan pencernaan
Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Depresi
Insomnia
Pemikiran untuk bunuh diri

Read more: Puasa Cegah Berbagai Penyakit Kronis - IslamWiki http://islamwiki.blogspot.com/2011/07/puasa-cegah-berbagai-penyakit-kronis.html#ixzz1dVeBK5S4
Under Creative Commons License: Attribution

Artikel Terkait: