Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Kamis, 08 September 2011

Orang Merokok Bisa Kehilangan Memori

Hidayatullah.com—Ini peringatan bagi Anda perokok berat. Dari penelitian yang digelar di Universitas Northumbria, disebutkan, orang yang merokok memiliki risiko lebih besar kehilangan sekitar sepertiga dari memori sehari-hari mereka daripada nonperokok.

Penelitian itu juga menemukan bahwa mereka yang berhasil menghentikan kebiasaan buruk itu mampu mengembalikan kemampuan daya ingat optimal mereka secara bertahap dalam mengingat informasi seperti saat belum merokok.

Penelitian ini melibatkan partisipan berusia 18-25 yang merupakan mahasiswa. Mereka diminta untuk mengingat detail kecil, seperti musik dan tugas untuk menguji memori.

Hasilnya, perokok hanya mampu mengingat hanya 59 persen dari tugas, sedangkan mereka yang telah berhenti merokok mengingat 74 persen, dan mereka yang tidak pernah merokok mengingat 81 persen.

Dr Tom Heffernan, yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa temuan ini pastinya akan sangat berguna dalam kampanye antimerokok.

"Kita sudah tahu bahwa berhenti merokok memang memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh. Studi ini menunjukkan bagaimana berhenti merokok dapat memiliki manfaat besar bagi fungsi kognitif," katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (22/9/2011).*

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post