Jumat, 13 Desember 2013

SI HOPEE TERNYATA ADALAH BURUNG HUD HUD

Mendengar nama Hoopoe mungkin asing di telinga rasanya. Namun bagi yang telah mengenal kisah 25 Nabi dan Rasul, pastilah mengenal Hud-hud. Ya, Hoopoe adalah burung Hud-hud. Burung inilah yang menjadi perantara (dengan izin Allah) bertemunya Nabi Sulaiman dengan penguasa Saba, Ratu Bilqis.

Berikut kisahnya dalam Al-Quran:
“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata : “Mengapa aku tidak melihat Hud-hud apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan yang terang”.

Maka tidak lama kemudian (datanglah Hud-hud), lalu ia berkata : “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya ; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugrahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah ; dan syaithan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk. Agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai ‘Arsy yang besar” [An-Naml/27 : 20 - 26]

Memang masih banyak yang belum mengetahui bagaimana rupa burung Hud-hud ini. Burung ini sekilas mirip burung pelatuk. Keduanya sama-sama memiliki jambul, namun pada hoopoe lebih besar sehingga nampak lebih condong disebut sebagai mahkota.

Burung Hud-hud terdapat di wilayah sekitaran Afrika Utara, Eropa bagian Selatan dan Timur Tengah. Hoopoe memakan banyak jenis makanan, dimulai dari serangga hingga buah-buahan. Namun makanan yang sering menjadi menu utamanya adalah serangga. Cara makan hoopoe bervariasi, dari mematuk mangsanya saat terbang hingga mengorek-orek tanah mencari serangga.

Maha Besar Allah yang telah menciptakannya!!

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar