Kamis, 16 Januari 2014

61 Penganut Syiah Dilarang Masuk Mesir

Hidayatullah.com-Pihak keamanan bandara Kairo melarang 61 penganut Syiah dari Kanada masuk ke Mesir untuk melakukan perjalanan keagamaan setelah dari Bagdad, demikian dikutip harian nasional Al Mishri Al Yaum (06/01/2014).

Menanggapi hal ini Dr. Ahnad Rasim An Nafis juru bicara Syiah Mesir menyampaikan bahwa keputusan itu sangan disayangkan dan ia meminta agar pemerintah menjelaskan sebabnya.

Sikap Al Azhar dan Syiah

Ulama al Azhar Syeikh Ahmad Tayyib pernah menyampaikan secara langung kepada Ahmadinejad saat kunjungannya di Mesir agar menerbitkan fatwa dari rujukan Syi’ah yang melarang celaan terhadap para Sahabat Nabi.

Selain itu, dalam pertemuan tertutup, Syeikh Ahmad Tayyib juga menyampaikan keberatan al Azhar atas penyebaran aliran Syi’ah di wilayah Sunni.

Sikap Al-Azhar Mesir juga sangat jelas menyangkut taqrib (persatuan) antara Sunni-Syiah dengan syarat, kesepakatan untuk tidak mencela para sahabat.

Bahkan Syeikh Qaradhawi dalam fatwanya juga meluruskan makna ‘taqrib’ agar tidak menjadi bias dan kamuflase terhadap upaya penyebaran ajaran Syiah.*

Rep: Sholah Salim

Editor: Cholis Akbar

Topik: syiah

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar