Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Minggu, 12 Januari 2014

Mengapa Mumi Firaun Tutankhamun Ditemukan dengan Penis Berdiri

VIVAnews - Mumi Firaun Mesir paling terkenal di dunia, Raja Tutankhamun, ditemukan terkubur dengan kondisi penis berdiri 90 derajat. Temuan itu telah membantu peneliti menemukan revolusi religius yang dimulai oleh ayahnya.

Menurut ahli sejarah Mesir Kuno dari American University di kairo, Salima Ikram, cara penguburan yang tidak biasa itu dari Raja Tutankhamun atau dikenal sebagai Raja Tut adalah upaya untuk membuatnya tampil sebagai Osiris -dewa maut atau akhirat.

"Juga merupakan upaya untuk melawan Raja Akhenaten yang merupakan ayah dari Raja Tutankhamun, yang mendirikan sebuah agama monoteistik -dari memuja banyak dewa menjadi satu dewa," kata Ikram, dilansir laman Independent, Sabtu 4 Januari 2014. Dia menambahkan, Raja Tut tidak setuju dengan agama baru ayahnya. Ketika Tut dinobatkan menjadi firaun di usia 10 tahun pada 1333 Sebelum Masehi (SM).

Dia langsung memerintah selama sembilan tahun di masa-masa penting dalam sejarah Mesir Kuno, sebelum meninggal pada umur 19 tahun.

"Di masa pemerintahannya, Raja Tut melakukan perubahan dengan kembali ke agama Mesir sebelumnya yang menyembah berbagai dewa," ujar Ikram.

Ikram juga menyampaikan, penis yang sedang ereksi itu menunjukkan bahwa Raja Tut adalah seorang Osiris. Karena, sejauh ini belum pernah ditemukan mumi dengan kondisi seperti itu.

"Temuan ini diperkuat dengan temuan mumi Raja Tut yang dipenuhi dengan minyak berwarna hitam. Kondisi balutan tubuh berwarna hitam itu menggambarkan bahwa dirinya adalah Osiris si penguasa Mesir kuno," jelas Ikram.

Bukan hanya Ikram yang menyatakan Raja Tut adalah sebagai Osiris. Ahli sejarah Mesir kuno lainnya, Howard Carter, yang pertama kali menemukan makam Raja Tut, juga berpendapat bahwa Raja Tut adalah sosok Osiris.

"Raja Tut memang ditampilkan sebagai osiris. Itu diketahui dari bentuk makamnya," ujar Ikram.

Hasil rinci dari penelitian ini telah diterbitkan di Jurnal Etudes et Travaux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post