Sabtu, 11 Januari 2014

Ditemukan, Makam Raja Mesir Kuno Seberat 60 Ton

VIVAnews - Fenomena makam Firaun telah memukau dunia sejak lama. Misteri yang tersimpan di dalamnya tak ada habis-habisnya ditelusuri hingga sekarang.

Hal ini terbukti dari berhasilnya identifikasi sebuah makam Raja Mesir kuno yang diperkirakan berumur 3800 tahun.

Dipercaya sebagai makam salah satu raja dari Dinasti Sobekhotep di abad ke 13, makam ini ditemui oleh tim dari Amerika Serikat dan tim arkeologi Mesir di daerah Abydos dekat Sohag di Mesir.

Menteri Antiquities Mesir, Mohamem Ibrahim bahkan menegaskan makam atau sarkofagus yang memiliki berat hampir 60 ton tersebut berhasil teridentifikasi.

Dia menyatakan, raja yang dimakamkan dalam sarkofagus itu diyakini sebagai raja pertama yang memerintah Dinasti abad ke-13.

Ahli sejarah memperkirakan, kepemerintahannya bermula sekitar 1803 sebelum masehi dan 1781 sebelum masehi. Sayangnya, ahli sejarah masih belum bisa memastikan waktu yang sebenarnya raja tersebut memerintah.

Kota kramat Abydos diketahui terletak di barat Sungai Nil dan pernah menjadi tempat makam-makam para raja Mesir di masa lalu.

Dalam sarkofagus ini ditemukan berbagai macam benda bersejarah seperti emas yang dipercaya dimiliki oleh raja tersebut.

Menurut salah satu sumber, situs makam yang merupakan tempat bermakamnya sarkofagus terbuat dari batu permata yang dibawa dari Tura dekat Kairo.

(Sumber: Daily Mail)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar