Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Senin, 25 Desember 2017

ASAL MULA TRADISI ULANG TAHUN (BIRTH DAY PARTY)

Kita kerap kali mengikuti tradisi yang kita tidak tahu dari mana asal muasalnya, dan bahkan kadang kita tidak mempedulikan jika tradisi itu sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan agama kita. Tetap mengikuti apa yang menjadi tradisi setenpat atau kebiasaan orang banyak. Padahal didalamnya banyak mengandung unsur syirik sebagaimana upacara peringatan hari lahir atau ulang tahun. Dalam ritual ulang tahun ada tradisi meniup lilin, setelah ditelusuri ternyata meniup lilin satu persatu adalah salah satu bagian dari ritual persembahan kepada syetan. Lilin dijadikan media penyampaian permohonan kepada syetan. Berikut ini uraiannya disampaikan seorang Dai bernama Ismail Menk, mengapa kita dilarang melakukan ritual ulang tahun yang menyertakan peniupan lilin di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post