Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Minggu, 30 Oktober 2011

Jasa Terkenang Peradaban Islam Kepada Dunia Modern

Robert Briffault dalam " Making of Humanity" :

"Science adalah jasa terkenang peradaban Arab kepada dunia modern; namun buahnya lambat masak. Agak lama sesudah kebudayaan Mur tenggelam ke dasar kegelapan, baruah si raksasa yang dilahirkannya itu bangkit menjulang. Bukan science saja yang membuat Eropa hidup kmbali. Beraneka pengaruh lainnya daripada peradaban Islam menyusuli gemerlap pertamanya di dalam kehidupan Eropa."(dikutip dari "Studies In Islamic History" hlm.202)

"Kendatipun tiada satu aspekpun dari pada pertumbuhan Eropa yang dapat dilacak, tentang pengaruh yang pasti kebudayaan Islam, dimanapun tak ada sejelas dan terkenang seperti dalam kelahiran kekuasaan yang membangun keagungan pertanda kekuatan dunia modern itu, serta sumber unggulan dari pada kejayaan ilmu pengetahuan alamiah dan gairah ilmiahnya." (Ibid hlm. 109)

"baik roger Bacon maupun sesamanya yang datang belakangan tidak ada yang menyandang gelar kehormatan, karena telah memperkenalkn metoda uji coba. Roger Bacon adalah tidak lebih dari pada seorang utusan Islam pada bidang ilmu dan metoda kepada Eropa kristen dan dia tiada jemu-jemunya menjelaskan, bahwa pengetahuan dan ilmu bawaan bangsa Arab adalah satu-satunya cara bagi sebayanya untuk menyongsong pengetahuan yang benar."(Ibid)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post