Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 14 Desember 2010

KUALITAS OTAK ANAK TENTUKAN KEMAMPUAN BELAJAR


Kemampuan belajar anak terhadap lingkungannya sangat dipengaruhi oleh kualitas otak yang dimiliki. Semakin berkualitas otak seorang anak maka akan semakin cepat si anak beradaptasi terhadap lingkungannya.Menurut Muliaman, anak belajar dari lingkungan sekitar dengan melihat, mendengar, membayangkan, dan merasakan yang terjadi di sekelilingnya. Kemudian anak mengingat atau meniru rangsangan yang diterima, sebelum akhirnya mengembangkan bahkan menciptakan sendiri sesuatu yang baru, berdasarkan apa yang pernah dialami oleh panca inderanya yang akhirnya akan memunculkan kreativitas.Kualitas otak, lanjut Muliaman, juga ditentukan dari jumlah sel otak, jumlah percabangan sel otak, hubungan antarsel otak atau biasa disebut sinaps. "Kualitas otak juga sangat ditentukan oleh keberadaan neurotransmitter atau zat yang mengaktifkan sinaps dan mielinisasi atau kualitas selubung yang berperan pada kecepatan hantaran impuls antarsel syaraf," jelasnya.

Selain itu, terdapat gangliosida yang punya andil besar untuk menentukan kualitas otak. Selain protein, karbohidrat, dan lemak, mikronutrien vitamin dan mineral juga memegang peranan penting dalam perkembangan otak.

Namun, lanjutnya, fungsi mikronutrien dalam pengoptimalan kecerdasan otak kerap dilupakan, padahal tanpa vitamin dan mineral yang sehat dan dalam jumlah tepat, kinerja otak akan sangat terganggu.

Vitamin C, misalnya, yang berfungsi sebagai antioksidan dapat melindungi sel-sel saraf otak yang juga berperan dalam penyerapan zat besi. Sementara vitamin A yang mengoptimalkan penglihatan juga secara tidak langsung membantu anak dalam menerima rangsang dari dunia sekitar, khususnya rangsang dalam bentuk visual.

Mineral seperti zat besi yang bertugas membawa oksigen untuk proses metabolism otak juga memiliki peran yang sama sekali tidak bisa diremehkan, semakin lancar pengangkutan oksigen ke otak maka semakin mudah anak berkonsentrasi.

"Mineral seperti zinc dan selenium yang berperan aktif menangkal radikal bebas tentunya juga diperlukan demi menjaga stamina otak. Agar anak dapat berkonsentrasi dengan baik dan mengasah kecerdasan, perlu didukung dengan tubuh sehat bebas penyakit," katanya.(Ant)

Artike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post