Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 28 Desember 2010

DITEMUKAN, SUNGAI PURBA DI KALIMANTAN


KOMPAS.com - Sebuah sungai purba ditemukan di perairan Matasiri, Kalimantan Selatan. Sungai tersebut ditemukan tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Ilndonesia (LIPI) dan Dirjen Pendidikan Tinggi Indonesia (Dikti) dalam ekspedisi di wilayah tersebut menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya VIII, 4 November - 1 Desember 2010.
M. Hasanudin M.T., salah satu peneliti LIPI yang terlibat dalam ekspedisi ini mengatakan, keberadaan sungai purba itu bisa dilihat di dasar laut perairan Matasiri. Ada bentukan seperti parit menunjukkan daerah tersebut pernah menjadi bagian dari aliran sungai.

"Sungai itu kemungkinan masih berhubungan dengan Sungai Barito," Hasanuddin.

Hasanudin menambahkan, alur sungai purba tersebut masih bisa dijumpai dalam wilayah yang cukup jauh. "Selama kita menelusuri wilayah sejauh 30 mil dari pantai, alur sungai tersebut masih bisa dijumpai. Kami juga menemukan bahwa lebar sungai tersebut hampir sama dengan lebar Sungai Barito," papar Hasanudin.

Penemuan sungai purba ini bisa menguatkan pendapat, bahwa Laut Jawa dahulu pernah menjadi daratan. Menurut pendapat yang salah satunya didukung oleh Stephen Oppenheimer yang baru saja menerbitkan buku "Eden in the East", Laut Jawa bersama Laut Cina Selatan dan Asia Tenggara adalah bagian dari wilayah yang disebut Sundaland.

Namun demikian, Hasanudin mengatakan, hasil penelitian ini belum cukup dijadikan bukti untuk membenarkan temuan itu.

"Masih perlu penelitian lebih lanjut," ujarnya.

Hasanuddin hanya mengatakan, hasil penelitian ini akan terlebih dahulu memperkaya wawasan di bidang arkeologi dan geologi kelautan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post