Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 07 Juni 2011

Ibadah Sunnah Yang Bisa Mengantar ke Surga

Dari kisah para Sahabat Nabi. Kita bisa mengetahui banyak dari mereka yang mempunyai amal-amal andalan dari Ibadah Sunah. Seperti Bilal bin Rabah dengan Shalat Fajar yang mengantarkannya jalan ke Surga. Atau Said bin Waqqash yang tiap sebelum tidur selalu membebaskan hatinya dari kedengkian pada teman-temannya dijamin masuk Surga. Dan masih banyak lagi para sahabat mulia yang punya amal andalan. Bagaimana dengan kita?

Ingat manfaat dan Keutamaannya:

1. Aneka Manfaat Ibadah Sunah

Semua manfaat Ibadah yang kita lakukan tentu akan kita terima.
Firman Allah " Barangsiapa yang berjihad, itu adalah untuk dirinya sendiri, Sungguh Allah benar-benar kaya ( tak memerlukan sesuatu ) dari alam semesta." Al-ankabut ayat 6

Bila ingin badanmu sehat seringlah berpuasa. Selain itu kamu juga dilatih bersifat amanah, ada rasa diawasi Allah dan welas asih pada fakir miskin. Kita juga dilatih bersedekah dengan merasakan kondisi fakir miskin.

2. Ingat Keutamaan dan Pahalanya


Puasa enam hari di bulan Syawal
Dari Abu Ayyub Rasul SAW bersabda : Barangsiapa puasa di bulan Ramadhan dan dilanjutkan puasa enam hari di bulan Syawal adalah seperti puasa sepanjang tahun. (HR Muslim)

Puasa hari Assyura (10 Muharam)
Dari Abu qotadah Rasul saw bersabda " Puasa hari Assyura menghapus dosa setahun yang telah lalu. ( HR Muslim)

Bersedekah
Siapa yang memberi makan orang yang sakit sesuai seleranya, maka Allah akan memberikan makan pada orang tersebut dengan buah-buah Surga (HR. Thabrani)

Menjenguk Teman
Sesungguhnya seorang muslim bila mengunjungi muslim, berarti dia tidak meninggalkan taman surga sampai dia kembali. ( HR Muslim )

Shalat Rawatib
Barangsiapa yang Shalat sehari semalam, Dua belas rakaat selain Fardhu maka akan dibangunkan rumah baginya di surga. ( HR Ahmad dan Muslim)

Shalat Dhuha
Barang siapa Shalat Dhuha duabelas Rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga. (HR Tarmidzi dan Ibnu Majah). (Kabarislam.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post