Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Kamis, 02 Juni 2011

Ilmuwan Pecahkan Teka-Teki Rahasia Sel Induk Kehidupan

MAYNOOTH (Berita SuaraMedia) - Ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki yang berusia dua miliar tahun menyangkut bagaimana bentuk bangunan awal suatu kehidupan.

Big-bang alam merupakan saat di mana dua sel tunggal melebur menjadi satu organisme hidup. Peristiwa tersebut berhasil dipetakan pertama kali oleh peneliti yang dipimpin oleh tim dari Irlandia.

Dr James McInerney, ahli biologi senior di National University of Ireland (NUI), Maynooth, mengatakan bahwa penemuan ini diharapkan dapat membantu pelacakan nenek moyang manusia pertama.

Ini adalah peristiwa luar biasa yang hanya terjadi satu kali, kata McInerney.

Dua sel tunggal primitf yang hidup bersama dalam satu kejadian, pada dasarnya mungkin secara alamiah akan tumbuh menjadi sangat besar. Penelitian ini dapat menjelaskan apa yang menyebabkan perkembangan seluruh organisme multisel saat ini. Contohnya saja serangga, tumbuhan, hewan dan manusia.

Menggunakan berbagai informasi genetik dari pemetaan genom, bukti dari dua sel tunggal pertama yang dikenal sebagai prokariot ini berhasil ditemukan dalam eukariot di sel inti.

Peneliti mampu menunjukkan bahwa peragian, sebuah sistem model biologi molekular, mengandung satu genom eukariot yang berasal dari dua genom prokariot yang berbeda.

Ini adalah inti yang kita temukan pada DNA semua spesies. Selama bertahun-tahun, kejadian tersebut menjadi teka-teki bagaimana sebuah sel ini pertama kali diciptakan. Sekarang, kita berhasil mengetahui jawabannya, ujar McInerney.

Ilmuwan percaya bahwa unsur ini berusia dua miliar tahun berdasarkan umur fosil mikro tertua.

Penemuan ini mengikuti unsur pemetaan pohon keluarga seluruh unsur alam.

Karena manusia adalah eukariot, maka kita bisa melacak manusia kuno tertua, kata McInerney.

McInerney dari Unit Evolusi Mulekul dan Bioinformatika di Depatemen Biologi NUI bekerja sama dengan Dr James Cooton dari Sanger Institute, Cambridge, Inggris, dalam menciptakan penemuan ini.

Hasil kerja mereka dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Amerika Serikat. (ar/inl) www.suaramedia.com

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post