Rabu, 01 Juni 2011

Virus Pembajak Varian Baru Intai Para Pengguna Facebook

SAN FRANCISCO (Berita SuaraMedia) - Serangan phishing di Facebook kembali terjadi pada akhir pekan kemarin.

Sebuah serangan di situs jejaring tersebut menjalar dalam tiga minggu terakhir.

Serangan itu mencoba untuk mencuri login para pengguna, mengambil alih Facebook, menginstal malware di komputer Anda, dan bahkan mendapatkan alamat rumah dan identitas penting yang ada dipunyai oleh pengguna situs tersebut.

Serangan ini ditandai dengan video "Distracting Beach Babes" yang tertulis di dinding Facebook pengguna, dengan tulisan:

"This is hilarious! lol :P :P :P Distracting Beach Babes [HQ] Length: 5:32?"


Serangan yang menyebar melalui video dengan subjek "hilarious video" ini diposting melalui dinding Facebook.

Diberitakan Websense, selasa (31/5/2011), saat korban terperangkap dan mencoba untuk mengklik, maka ada semacam permintaan yang meminta Anda untuk login ke Facebook.

Serangan itu kemudian mengembalikan Anda ke Facebook, menginstal sebuah aplikasi yang disebut "Media Player HD", dan meminta Anda untuk men-download player "FLV". Padahal di saat itulah komputer menginstal malware di komputer Anda.

Untuk menghindari terperangkap, cukup menghapus video tersebut jika Anda menemukan di dinding Facebook Anda.

Jika Anda melihatnya di tempat lain di Facebook, jangan klik itu, dan tentu saja ingat aturan jelasnya: Jangan masukkan login Facebook mana saja selain Facebook.com.

Pengguna Facebook yang memiliki video status video ini di dinding mereka disarankan untuk menghapusnya agar malware ini tidak menyebar. Jika perlu, silakan ganti password Facebook-nya untuk berjaga-jaga.

Jika anda sudah terperangkap atas serangan itu, segera ubah kata sandi Facebook, uninstall app Facebook (sering disebut "Media Player HD"), dan menjalankan scan virus atau malware pada komputer anda. (ar/ok/ks9) www.suaramedia.com

Artikel Terkait: