Sabtu, 02 April 2011

TV Turki Lecehkan Sultan "Suleiman the Magnificent" dari Kekhalifahan Utsmani

Lembaga pengawas TV Turki pada hari Rabu kemarin (12/1) memberikan peringatan resmi untuk saluran televisi swasta setelah ribuan warga Turki mengeluhkan bahwa saluran TV swasta tersebut menayangkan serial yang menggambarkan era kekhalifahan sultan Utsmani sebagai peminum dan gila wanita.

Dewan Radio dan Televisi (RTUK) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serial TV tersebut telah gagal untuk menghormati privasi Sultan "Suleiman the Magnificent", yang memerintah Kekhalifahan Utsmani dari tahun 1520-1566.

Badan itu mengatakan saluran televisi swasta tersebut harus meminta maaf karena telah melanggar "privasi tokoh bersejarah" dalam program "Magnificent Century", yang menggambarkan fiksi hidup sultan dan istananya di puncak pemerintahan kekhalifahan Utsmani.

Kepala badan, Davut Dursun, mengatakan 75.000 orang telah mengajukan keluhan kepada RTUK sejak program ini pertama kali disiarkan pada tanggal 5 Januari lalu, yang memberikan gambaran sangat negatif terhadap penguasa Utsmani yang doyan minum alkohol dan gila wanita.

Lembaga RTUK memiliki kekuatan untuk menyensor program jika saluran tersebut mengabaikan peringatan di episode kedua, yang direncanakan mengudara dalam waktu dekat.(fq/aby)

Artikel Terkait: