Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Sabtu, 19 Maret 2011

Bahan Bakar Jet dari Air Laut ?

Angkatan laut Amerika Serikat tengah melakukan eksperimen mengubah air laut menjadi bahan bakar jet. Ahli kimia AL berusaha memproses air laut menjadi hydrocarbon, setelah itu dimurnikan dan diolah kembali menjadi bahan bakar jet.

Namun para ilmuan itu harus menemukan sumber energi yang bersih untuk menghasilkan produk akhir berupa karbon netral. Proses ini meliputi pemisahan Karbon dioksida dari air dan mencampurnya dengan hidrogen. Proses pemisahan molekul air ini dilakukan dengan tenaga listrik, hingga akhirnya akan terbentuk bahan bakar hydrocarbon.
Ahli Kimia AL Amerika Serikat, Robert Dorner mengatakan, pemanfaatan CO2 ini berkaitan dengan upaya mengurangi pemanasan global. Dia menambahkan, para ahli kimia tengah berusaha memisahkan CO2 dari gas methan sehingga bisa menghasilkan lebih banyak lagi hydrocarbon.

Tapi untuk menghasilkan bahan bakar jet yang lebih ramah lingkungan perlu proses yang panjang dan justru membutuhkan energi yang lebih besar, belum lagi dana yang cukup banyak untuk melakukan percobaan. Sepertinya masih butuh waktu lama untuk mewujudkan hal ini.
sumber:http://www.greenradio.fm/index.php?option=com_content&view=article&id=968:bahan-bakar-dari-air-laut&catid=91:bio-energy&Itemid=173

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post