Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Rabu, 01 September 2010

13 CARA AGAR AWET MUDA


Mau umur panjang bukan hanya hanya soal mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, Anda juga harus memperhatikan persahabatan yang telah dibina selama ini. Loh?

Ada 13 cara menuju panjang umur. Di antaranya adalah masalah persahabatan yang harus diseleksi.
1. Minum lebih banyak air. Terbukti bahwa meminum lebih banyak air mineral akan membuat tubuh tidak dehidrasi. Juga dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam tubuh, kulit akan terlihat lebih sehat dan muda.

2. Konsumsi lebih banyak buah beri. Buah beri seperti strawberries, blueberries, cranberries dan raspberries juga baik untuk antioksidan. Buah beri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu menghambat stroke, penuaan dan kanker serta mempertajam ingatan.
3. Turunkan kadar gula dan karbohidrat dalam makanan dan minuman Anda. Jika Anda berhasil dapatkan tambahan usia satu tahun! Cara ini juga bisa mengurangi risiko sakit mental seperti depresi dan kekhawatiran berlebih.

4. Usahakan untuk tidur siang berkualitas. Siapa bilang tidur siang hanya untuk anak kecil, orang menjadi sibuk dan lupa untuk menyeimbangkan kesegaran tubuhnya di siang hari. Lebih baik Anda mencuri waktu untuk tidur di jam istirahat. Tak perlu lama-lama, cukup 20 hingga 30 menit saja. Ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengatasi stres.

5. Jangan lupa merapikan rumah. Menyapu, mencuci piring atau sekedar merapikan ruang keluarga Anda ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan. Bersihkan rumah selama 30 menit akan membakar 150 kalori dan menurunkan tekanan darah. Masalah tekanan darah ini juga bisa memperpanjang hidup Anda. Dan untuk pria, ini adalah cara yang baik untuk membuat hubungan rumah tangga dengan istri makin mesra.

6. Berpikir positif. Orang yang kerap berpikiran negatif biasanya mudah terserang penyakit jantung, stroke dan lainnya. Kadang ada pentingnya Anda tak terlalu membebankan semua masalah di pundak sendiri dan bagaimana caranya Anda bisa berbagi dengan orang lain.

7. Belajar tertawa. Tertawa bisa membantu Anda merasa lebih baik dalam menjalani hidup.

8. Dilarang menelepon sambil menyetir. Terbukti, berbicara dengan ponsel sambil menyetir sering menyebabkan kecelakaan kendaraan bermotor. Jadi mengapa terus mempertahankan aktivitas yang sekiranya bisa membunuh Anda. Dengan menghilangkan hal tersebut, artinya Anda lagi-lagi menambah usia Anda.

9. Berakhir pekan romantis. Coba habiskan akhir pekan Anda untuk berlibur. Ini bisa menyegarkan otak dan tubuh. Berbag waktu romantis bersama seserang yang Anda sayangi adalah hadiah paling berharga.

10. Imbangi buah dan sayur dengan daging. Kebiasaan macam ini bisa membantu kesehatan tubuh. Makan buah dan sayuran, segera usia Anda bertambah.

11. Gerakan tubuh Anda. Jangan terlalu memanjakan tubuh. Sedikit olahraga tak ada salahnya. Misalnya jogging atau biasakan jalan menuju tempat parkir bisa berpengaruh besar. Setelah makan malam, gerakan tubuh dengan berjalan. Lakukan secara rutin.

12. Bergabung dalam kegiatan amal. Seseorang yang merasa dirinya berguna dan penting pasti punya tujuan hidup yang lebih jelas. Hal positif ini tentu saja bisa membuat tubuh bersemangat, bahagia dan panjang umur.

13. Re-evaluasi dan tinggalkan persahabatan yang merugikan. Hati-hati tak selamanya persahabatan menguntungkan. Beberapa hubungan ada yang tak sehat dan tak produktif. Ini akan membuat Anda menjadi orang yang senantiasa stres berkepanjangan. Ingatlah, betapa pentingnya menyadari tipe hubungan seperti apa yang tak bisa ditolong dan diperbaiki dan tentukan kapan waktu Anda untuk bergerak dan meninggalkan mereka.

Dikutip detikhot dari Ehow, Jumat (20/6/2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post