Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 02 November 2010

YANG MAHA TINGGI

Artikel Terkait:
Keagungan dan Kekuasaan Allah SWT
Agar Dicintai Allah SWT
Takutlah Pada Allah SWT
Allah SWT

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah. Amma ba’du.
Dalil yang menunjukkan tentang kemahatinggian Allah SWT banyak sekali. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Pertama; Penegasan bahwa Allah tinggi berada di atas Arsy."
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “ar-Rahman bersemayam -tinggi dan menetap- di atas Arsy.” (QS. Thaha : 5)

Kedua; Penegasan bahwa Allah di as-Samaa’ (di ketinggian atau di langit)
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Apakah kalian merasa aman dari hukuman Dzat yang berada diatas langit kalau-kalau Dia akan membenamkan kalian ke dalam perut bumi?” (QS. al-Mulk : 16)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidakkah kalian mempercayaiku, padahal aku adalah orang kepercayaan Dzat yang berada di atas langit. Datang kepadaku wahyu dari langit pagi dan petang?!”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Sayangilah yang di bumi niscaya Dzat yang di atas langit juga akan menyayangi kalian.” (HR. Tirmidzi, hasan sahih)

Ketiga; Penegasan bahwa Allah berada di atas -fauqa-
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Mereka merasa takut kepada Rabb mereka yang berada di atas mereka.” (QS. an-Nahl : 50)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Arsy berada di atas air, sedangkan Allah berada di atas Arsy-Nya, dan Dia mengetahui apa pun yang terjadi pada kalian.” (HR. Abu Dawud, hasan)

Keempat; Persetujuan Nabi atas jawaban seorang budak muslimah
Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada seorang budak perempuan, “Di manakah Allah?”. Maka dia menjawab, “Di atas langit.” Lalu Nabi bertanya, “Siapakah aku?”. Dia menjawab, “Anda adalah utusan Allah.” Maka Nabi mengatakan, “Merdekakanlah ia, sesungguhnya dia adalah perempuan yang beriman.” (HR. Muslim)

Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu mengatakan, “Sesungguhnya para imam yang empat telah sepakat mengenai ketinggian Allah di atas Arsy-Nya, tidak ada suatu makhluk pun yang menyerupai-Nya.”

[Disusun ulang dan diringkas dari Taujihat Islamiyah li Ishlah al-Fard wa al-Mujtama', hal. 21-24]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post