Jumat, 05 November 2010

MERAWAT ANAK YATIM


Siapa sebenarnya yang dimaksud dengan Anak yatim? Anak yatim adalah

Hadist dikeluarkan Imam Bukhari, sabda Nabi saw: "Aku dan orang yang menanggung hidup anak yatim akan berada di surga seperti ini." Beliau saw mengisaratkan dua jari: jari telunjuk dan jari tengah dengan merenggangkan kedua jari tersebut.

Imam Muslim meriwayatkan: "Orang-orang yang menanggung Anak Yatim (anaknya sendiri atau anak orang lain), antara aku dan dia seperti dua jemari ini dalam surga." Dan Imam Malik menjelaskan dengan dua jari telunjuk dan jari tengah.

Hadist Imam Bazaar: "Barangsiapa yang menanggung seorang anak yatim yang masih kerabatnya atau tidak kerabatnya, maka kelak di surga aku dan dia seperti ini." Beliau merapatkan kedua jemarinya.

"Barangsiapa yang berusaha menanggung tiga anak perempuan, kelak dia akan masuk surga dan memperoleh pahala seperti pahalanya orang yang berjuang dijalan Allah sekaligus orang berpuasa dan beribadah setiap malam.

Barangsiapa yang membiayai hidup tiga orang, ia laksana orang yang beribadah di malam hari dan berpuasa di siang hari, juga berangkat pagi dan pulang sore menghunus pedang (berjuang) di jalan Allah, maka aku dan dia di surga seperti bersaudara seperti besaudaranya dua jemari ini." Beliau saw menempelkan dua jarinya, jari telunjuk dan tengah. (HR. Imam Ibnu Majah)


hal. 224

Artikel Terkait: