Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Kamis, 04 November 2010

TIPE MERAPI DAN AWAN PANAS LETUSAN

Artikel Terkait:
Kodok pun Bisa Memprediksi Gempa
Gunung Api Paling Aktif di Dunia
Proses Terjadinya Gunung Meletus
Fungsi Gunung dalam Al-Quran
Definisi Kubah Lava

— Merapi memiliki tipe letusan khas yang dikenal dengan nama "tipe merapi", berupa aliran pyroclastic yang terjadi akibat runtuhnya kubah lava akibat gaya gravitasi. Jenis ini dikenal dengan nama "awan panas guguran" atau nuees ardantes d'avalanche.

Dalam istilah lokal dikenal dengan nama wedhus gembel karena bentuk gumpalan gas awan panas yang mengalir seperti bulu domba.

Jenis awan panas lain dikenal dengan nama "awan panas letusan" atau nuees ardantes d'explossion vulcanienne. Jatuhnya material vulkanik dari letusan vertikal bisa menyebabkan awan panas jenis ini.

Arah aliran dipengaruhi oleh lokasi dan geometri saluran kepundan, yaitu besar dan arah angin serta topografi di sekitar puncak, tempat material tersebut jatuh pertama kali. (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Yogyakarta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post