Sabtu, 19 Februari 2011

10 KSATRIA PERANG PALING TANGGUH

Baca Juga:
Pasukan Panji Hitam akan datang Jika kita Bersatu
Mari Kenali Ruh dan Jiwa Kita
Anak Indigo: Agen Perubahan Akhir Zaman
Terungkap: Misteri Buah Khuldi
Sosok Harry Poter di Kehidupan Nyata

Sepanjang sejarah, berbagai peradaban di dunia mencapai kejayaan dan keruntuhannya. Pasang surut kejayaan suatu peradaban/kerajaan/kekaisaran di zaman dahulu tentunya didukung oleh kedigdayaan militer yang mumpuni. Berikut adalah prajurit-prajurit khusus yang pernah digunakan Raja-raja/Kaisar-kaisar hebat yang pernah menaklukan luas wilayah yang sangat luas.

1. Hoplites (800 SM - 200 SM)


Hoplite merupakan pasukan reguler dari negara-negara kota di Yunani klasik. Mereka pada umumnya dipersenjatai perisai dan tombak yang panjang dan bertempur dalam posisi Phalanx. Hoplite terkenal akan keterlibatan mereka dalam banyak pertempuran yang dinarasikan dalam sejarah Yunani klasik. Salah satu contohnya adalah penaklukan Alexander Agung di mana dia menaklukan Asia Minor, Syria, Babylon, Mesir, Persia, hingga ke ujung pegunungan Hindukush.

Hoplite yang bertempur dalam posisi phalanx pun akhirnya mulai ditinggalkan setelah naiknya reputasi Kavaleri dalam pertempuran. Posisi phalanx yang kaku dapat dibuat menjadi bumerang bagi pasukan kavaleri yang mampu bermanuver cepat dan melelahkan bagi prajurit hoplite yang harus bergerak mengikuti manuver musuh jika mereka bertempur di dataran terbuka.

Perang penting

1.Perang Persia vs Aliansi Yunani
2.Perang penaklukan Alexander Agung

Pertempuran penting.
1.Battle of Thermopylae
2.Battle of Plataea
3.Battle of Gaugamela

2.Immortals (1000 SM - 150 SM)


Sesuai dengan namanya, pasukan Immortals merupakan musuh mumpuni bagi prajurit manapun di dunia klasik. Digunakan secara khusus oleh raja-raja Persia, nama Immortals(tak pernah mati/pasukan abadi)) diambil karena jumlah pasukan immortal tetap 10.000 dalam keadaan apapun. Setiap ada anggota yang mati atau tewas dalam pertempuran, kerajaan akan menyeleksi dari pasukan reguler untuk dimasukkan kedalam korps pasukan elit ini.

Immortals merupakan infantri kelas berat dan dipersenjatai berbagai macam senjata yang harus dibawanya ke setiap pertempuran. Perisai, Tombak, Pisau, Busur dan panah merupakan persenjataan reguler setiap anggota immortal. Baju zirah mereka akan tetapi dibuat lebih ringan untuk memudahkan mereka membawa senjata-senjata yg lebih berat. Hal ini terbukti fatal ketika Kaisar Xerxes melancarkan invasi besar-besaran ke Yunani. Immortals yang diadu dengan Hoplite tidak mampu menyaingi ketahanan Hoplite yang memakai perisai dan baju zirah dari perunggu yang lebih kuat.

Perang penting
1. Perang Persia vs Aliansi Yunani

Pertempuran penting
1.Battle of thermopylae
2.Battle of Plataea

3.Legionaire (100 SM - 500)


Pasukan reguler Kekaisaran Romawi ini merupakan prajurit-prajurit tangguh yang membawa Kekaisaran Romawi menjadi kekaisaran yang besar. Diperlengkapi persenjataan lengkap,(Baju zirah, perisai, helm serta pedang) Pasukan legionaire digunakan oleh kekaisaran Romawi untuk menaklukan daerah-daerah di Germania, Britania, Spanyol dan daerah-daerah pesisir mediterania lainnya. Berbeda dengan Praetorian yang merupakan pengawal khusus Kaisar Roma, Legionaire tidak dibolehkan masuk ke Roma karena prajurit berdasarkan undang-undang Roma, tidak dibolehkan berada di ibu kota kekaisaran. Oleh karena itu, sering kali Pasukan legionaire memiliki kedekatan yang lebih terhadap Jendralnya daripada Kaisar sendiri.

Pasukan legionaire termasuk senjata ampuh dalam menaklukan pasukan-pasukan musuh. Akan tetapi di masa-masa keruntuhan Roma, Kekaisaran romawi yang masih mengadopsi taktik perang dari Yunani terbukti tak mampu menghadapi ancaman pasukan-pasukan kavaleri dari dataran asia tengah yang dipimpin Attila.

Perang penting
1.Penaklukan Romawi

Pertempuran penting
1.Battle of Carthage

4.Knights Templar(600 - 1500)


Selepas keruntuhan Kekaisaran Romawi Barat, Eropa menganut sistem feodalisme di mana para tuan tanah memiliki prajurit-prajurit khusus yang mengabdi kepadanya. Knight merupakan prajurit-prajurit tersebut. Seringkali digambarkan sebagai pasukan berkuda. Para Knights umumnya diperlengkapi baju zirah yang lengkap dan dipersenjatai Perang,Tombak, Gada ataupun Rantai berduri untuk digunakan dalam serbuan kavaleri.

Prestasi knights bersinar ketika Kerajaan-kerajaan Eropa Meluncurkan Perang salib untuk merebut Palestina dan Syria dari tangan Sultan-sultan muslim.
Ordo-ordo keksatriaan yang berfungsi sebagai pasukan medis ataupun pengawal pun menjamur pada era Perang salib (abad ke 11-14)
contoh-contoh ordo Knights yang paling terkenal adalah Knights Templar, Teutonic Knights dan Hospitaller Order.

Perang penting
1.Perang Salib

Pertempuran penting
1.Battle of Hattin
2.Conquest of Jerusalem

5.Assassins (1050 - 1250)


Diambil dari kata "Hashishin," yang berarti si pengguna hishish(semacam candu opium), Assassins merupakan sekte militer dari Islam Syiah yang bermarkas di pegunungan Al-Amut. Pasca kejatuhan Yerusalem ke tangan Pasukan Salib. Kekhalifahan Islam yang kala itu terpecah belah dan tidak mampu melancarkan serangan balik, berdiam diri menyaksikan Pasukan-pasukan eropa menaklukan daerah-daerah di Palestina. Dikarenakan ketidak-mampuan melancarkan serangan terbuka inilah sekte syiah Assassins melancarkan perang yang tidak konvensional dengan cara membunuh para pemimpin musuh.

Assassins sangatlah berbeda dengan prajurit konvensional. Senjata-senjata yang digunakanpun sangat jauh berbeda. Assassins lebih mengutamakan Stealth Warfare dan beroperasi di malam hari juga bersenjatakan pisau beracun agar dapat dengan efektif membunuh target mereka. Dari banyak target mereka, orang-orang terkenal yang pernah mereka coba bunuh adalah Sultan Saladin dan William of Montferat.

6.Mongol Cavalry(1200 - 1600)


Merupakan prajurit berkuda yang muncul dalam sejarah dunia setelah penyatuan Mongol oleh Jenghiz Khan. Kavaleri mongol mungkin merupakan salah satu tolak ukur peperangan modern yang mementingkan penggunaan manuver dan mobilitas pasukan untuk mengalahkan pasukan musuh. Bukan hanya taktik perang yang sangat dinamis, pasukan mongol juga terkenal akan kebengisan dan kebrutalannya yang tidak pernah memberi ampun bagi musuh yang melawan penaklukan mereka. Salah satu reputasi yang pernah dibuat adalah ketika Hulagu Khan menaklukan Baghdad yang merupakan ibu kota kekhalifahan Abbasiyah saat itu. Baghdad yang mungkin pada saat itu merupakan kota termaju di dunia, luluh lantak dan tak pernah lagi mencapai keadaan yang sama pasca penaklukan Mongol kala itu.

Berbeda dengan kavaleri pada umumnya, Kavaleri Mongol bersenjatakan busur dan panahnya. Semenjak kecil mereka sudah dilatih untuk memanah dari atas kuda dengan tingkat dan kecepatan yang mengagumkan. Hal ini terbukti efektif untuk melemahkan infantri musuh yang tidak mungkin menyaingi mobilitas dan kecepatan kavaleri mongol yang sangat cepat dalam mengubah arah serangan dan penyerbuan. Penaklukan hampir seluruh asia, Eropa timur dan timur tengah merupakan bukti konkrit betapa tangguhnya pasukan mongol pada masa kejayaannya.

Perang Penting
1. Mongol Conquest

Pertempuran penting
1. Siege of Baghdad
2. Battle of Ayn Jalut


7.Ninja(1000 - 1700)


Atau disebut juga dengan Shinobi. Merupakan pasukan elit di Masa Feudal jepang yang mengabdi pada Daimyo-daimyo jepang. Di zaman Sengoku(Zaman perang saudara). Ninja digunakan untuk menyusupi benteng-benteng musuh dan menyabotase persenjataan atau melakukan pembunuhan lawan politik dan militer.

Berbeda dalam gambaran yang kita dapatkan di Film dan media-media lainnya. Ninja sangat jarang mengenakan pakaian hitam yang seperti kita lihat di Film. Kebanyakan mereka yang beroperasi di siang hari menggunakan pakaian yang membaur dengan masyarakat sekitar dan menyelipkan senjata-senjatanya di dalam bajunya. Salah satu senjata-senjata ninja yang terkenal adalah Shuriken, Kunai dan Smoke bomb.

Ninjapun pada akhirnya kehilangan perannya dalam peperangan setelah masa perang saudara di jepang berakhir yang ditandai penyatuan Jepang dibawah Shogun Tokugawa Ieyatsu. Namun ketertarikan dunia akan keeksotisan ninja tidak pernah berakhir. Dua propinsi di Jepang yang paling terkenal menghasilkan ninja adalah propinsi Iga dan Koga.



8.Varangian Guard(800-1400)


Siapa yang tidak kenal VIKING? Bangsa yang terkenal dari skandinavia ini juga punya satuan elit yang akhirnya digunakan kaisar Byzantium sebagai garda terdepan dalam menghadapi pasukan musuh. Mereka disebut Varangian Guard atau Garda Viking.

Terkenal akan fisiknya yang kuat, bangsa viking amat gemar berperang dan didukung oleh teknologi dan peralatan dari Romawi saat itu. Berbeda dengan kebanyakan Infantry kelas berat lainnya, Varangian Guard menggunakan kapak yang relatif berat untuk infantry biasa namun Satuan Elit ini dengan mudah mengalahkan musuh dengan Kapaknya. Dipersenjatai juga dengan perisai dan baju zirah yang nyaman, Garda Viking merupakan ujung tombak setiap serbuan Infantry menusuk pertahanan lawan.



9.Samurai(1500-1850)


Hampir sama dengan Knights yang mengabdi pada tuan tanah di zaman feudal Eropa, Samurai mengabdi dengan para Daimyo di jepang dan berperang untuk mereka. Namun, samurai memiliki kode keksatriaan yang mungkin mirip dengan kode chivalry Knights dari eropa yang disebut dengan Bushido
, salah satu kebiasaan yang mungkin paling terkenal di dunia akan samurai adalah kebiasaan samurai untuk melakukan Seppuku ketika mereka mengalami kekalahan. Daripada menanggung malu, para Samurai biasanya melakukan ritual bunuh diri dengan merobek perut mereka dengan pedang kecil dan kemudian dipenggal oleh seseorang yang dia minta terlebih dulu untuk melaksanakannnya.

Samurai membanggakan diri mereka akan kemahiran berperang dengan menggunakan pedang khusus untuk para samurai yang disebut Katana. Selain katana, dalam pertempuran Samurai juga menggunakan Naginata dan Yumi(semacam tombak dan panah khas jepang) Mereka juga menggunakan Baju Zirah khas yang dilengkapi helm yang ditempat untuk membentuk bentuk-bentuk yang bisa mengintimidasi lawan

Samurai akhirnyapun menemui ajalnya ketika masa restorasi Meiji, di mana Kaisar jepang yang ingin memodernkan Angkatan bersenjatanya mulai mengadopsi Kemiliteran moderan yang menggunakan senjata api dan meriam. Dengan ketiada-gunaannya lagi dalam berbakti kepada Kaisar, banyak orang dari kasta samurai melakukan seppuku karena merasa tidak berguna. Namun, ada juga yang berpikiran terbuka dengan bergabung dengan Tentara Kekaisaran Jepang dan tetap memegang semangat Bushido. Semangat Bushido terus hidup dalam Angkatan bersenjata dan contoh paling mencolok bisa kita lihat dalam serangan Kamikaze yang dilancarkan pilot-pilot jepang untuk menghancurkan Kapal Perang Amerika Serikat dalam perang dunia kedua

Perang penting
1.Perang saudara di masa Sengoku

Pertempuran penting
1.Battle of Sekigahara

10.Jaguar Warrior(1450-1520)

Mungkin masih asing di telinga kita mendengar nama ini karena kita terbiasa akan sejarah Eropa, Timur Tengah dan Jepang. Namun, Jaguar Warrior merupakan andalan Raja-Raja Aztec untuk mengusir pasukan Spanyol dari tanah air mereka. Dikarenakan kekalahan teknologi karena pasukan Spanyol menggunakan senjata api, Jagguar Warrior menggunakan superioritas jumlah mereka untuk mengalahkan pasukan musuh walau tetap saja mereka akhirnya ditaklukan pasukan Spanyol, mereka terkenal gagah berani dalam melawan musuh.

Terkenal akan kebrutalannya, pasukan Jaguar ini dipersenjatai gada batu/kayu dan tidak menggunakan bau zirah atau peralatan besi lainnya. Setiap mereka menaklukan koloni Aztec mereka akan membawa pulang korban untuk dikorbankan di piramid Aztec sebagai persembarahan kepada Quezacotl.

Perang penting
1.Penaklukan Meso Amerika oleh Spanyol

Pertempuran penting
1.Battle of Tenochtitlan

11.Mutaharrik Tulaia(630-660)

Lebih dikenal dalam bahasa inggris dengan Mobile Guard atau Garda Kavaleri. Merupakan unit khusus di bawah komando Khalid ibn Walid dalam penaklukan Persia dan Syria dalam perang melawan Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Romawi Timur. Pada masa awal pengembangannya, unit kavaleri arab di bawah Nabi Muhammad dan Abu Bakr masih menggunakan Unta dan Kuda disertai Tombak dan Pedang. Baju Zirah mereka termasuk tipis untuk memudahkan perjalanan di Padang Pasir yang sering mereka tempuh. Namun di bawah Khalid, yang menyadari pentingnya kavaleri elit arab ini, dia mengubahnya menjadi Satuan Korps Elit yang Bisa menaklukan Persia, Romawi bahkan Cina di Asia Tengah.

Berbeda dengan kavaleri arab pada umumnya, Mutaharrik merupakan satuan kavaleri berkuda yang sangat dynamis dalam pertempuran. Di suatu masa genting, dia bisa melancarkan serbuan dan mundur kemudian menyerbu lagi. Taktik ini membingungkan infantry musuh yang kewalahan harus mengantisipasi serangan dari arah samping dan belakang. Khalid dalam memimpin Garda Kavalerinya juga menggunakan taktik Double Envelopment, di mana dua gelombang garda kavaleri menutup pergerakan musuh secara total dan membuat mereka tidak bisa bergerak dan terkurung.

Ketangguhan Mutaharrik pun tiada bercela. Dalam perang penaklukan yang dilancarkan Khalifah Abu Bakr dan Khalifah Umar ibn Al Khattab, Sang Panglima tertinggi, Khalid ibn Walid, tidak pernah terkalahkan sekalipun dalam pertempurannya melawan dua super powers kala itu Persia dan Romawi.

Perang penting
1.Conquest of Persia
2.Conquest of Syria
3.Conquest of Egypt

Pertempuran penting
1.Battle of Walaja
2.Battle of Qadisiya
3.Battle of Yarmuk

Penggambaran unit Garda Kavaleri Arab

12. Janissary(1300-1800)

Merupakan pasukan khusus Kesultanan Turki Usmani. Janissary merupakan pasukan khusus yang merupakan tanda transisi dari peperangan klasik(menggunakan pedang, perisai dan panah) menuju peperangan modern(menggunakan senjata api). Digunakan hampir seluruh Sultan Turki pada masa kejayaannya. Anggota pasukan Janissary pada umumnya merupakan rekrut dari anak-anak budak kristen dari daerah taklukan Usmani yang memeluk islam dan dilatih menjadi tentara khusus di bawah perintah Sultan secara langsung.

Bersenjatakan Musket(jenis awal senapan kuno), tombak, pedang dan panah. Janissary merupakan pertandan di mana perisai sudah tidak lagi mengambil peran penting dalam pertempuran dikarenakan meluasnya penggunaan senjata api yang meniadakan arti dari penggunaan perisai. Tangguh dan sangat disiplin. Pasukan Janissary akhirnya harus berakhir tragis ketika harus dibubarkan oleh Sultan Usmani karena keterlibatannya yang terlalu dalam dalam politik Kesultanan Usmani.

Perang penting
1.Penaklukan Romawi Timur
2.Penaklukan Balkan dan Eropa Timur

Pertempuran penting
1.Conquest of Constantinople
2.Battle for Hungary


13.Sipahi(1400-1600)

Jika Janissary merupakan unit infantry elit Kesultanan Turki Usmani. Maka Sipahi adalah Kavaleri Elitnya. Setelah penyebaran senjata api ke seluruh Timur Tengah, Sultan Usmani membentuk satuan kavaleri dari kaum bangsawan yang menggunakan senjata-senjata termutakhir pada masanya. Dari ide inilah terlahir Korps Elite Sipahi.

Sipahi biasanya digunakan untuk mengawal konvoi Sultan dalam pertempuran. Namun jika digunakan dalam pertempuran, Sipahi merupakan lawan mengerikan bagi Kavaleri manapun dikarenakan senjata mereka yang termutakhir pada masanya. Bayangkan unit kavaleri tak berpanah tapi bersenjatakan Arquebusier(Senapan api kuno) Namun dikarenakan jumlahnya yang terbatas, banyak juga anggota sipahi masih menggunakan perisai kecil dan panah yang sangat lentur untuk memudahkan mobilitas mereka. Sipahi juga menggunakan Zirah yang cukup kuat dalam melawan kavaleri dan infantri lawan.

Satuan Elit Sipahi:


1. Alexandre The Great
Tak pelak lagi bahwa peringkat pertama sudah pasti menjadi milik Alexander yang Agung (Alexandre The Great).Ia adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militerpaling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi, dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia.

2. Leonidas I
adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya.Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae.


3. Sun tzu
Ia adalah salah satu jenderal tertangguh dan tercerdas milik kerajaan wu. ia adalah jenderal yang pandai menerjemahkan siasat perang. Ialah penulis buku The Art of war, yang merupakan buku panduan perang dan strategi penyergapan yang sekarang dipelajari di seluruh Dunia.

4. Hannibal barca
Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Punic, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan Ksatria Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae.

5. Julius Cesar
dialah jenderal terbesar kekaisaran Romawi.Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM.ia adalah jenderal perang cerdas dan berbahaya. Di masa pemerintahanya, ia telah meluaslan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat. ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin paling diktator di Dunia

6. Miyamoto Musashi
Musahi Miyamoto adalah seorang ahli pedang dan samurai terbaik dalam sejarah jepang.selama Hidupnya, ia telah melakukan duel samurai dengan 60 pendekar pedang dan sama sekali tak terkalahkan.

7. Liutenant Audie Murphy
ia adalah seorang Ksatria amerika serikat di perang dunia kedua. ia adalah salah satu Ksatria unggulan. tak heran jika ia banyak diterjunkan ke misi yang berbahaya amerika serikat selama perang dunia ke 2.atas kegemilanganya, ia dianugerahi berbagai medali kehormatan seperti Distinguished Service Cross, Silver Bintang dua, Legion of Merit, dua Bintang Perunggu, dan tiga Purple Hearts; serta Legiun Kehormatan Perancis dan dua Croix de Guerre.

8. Saladin
Saladin adalah salah satu Ksatria tertangguh di dalam perang salib ketiga. Dia sangat dihormati sebagai Ksatria yang sangat tangguh dari Timur tengah. Dialah yang mampu menaklukan kota Yerussalem di perang salib yang ketiga.

9. Spartacus
ia adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di masa pendudukan kekaisaran Roma, ia adalah budak yang sering diperlakukan sebagai objek pertarungan gladiator. Tapi karna kemampunya dalam bertarung dan pemikiranya yang cerdas, iapun berhasil menghimpun massa untuk melakukan pemberontakan pada kekaisaran Romawi

10. Richard 1 (The Lion Heart)
Richard I adalah raja Inggris periode 1189 sampai 1199. ia dijuluki Richard the lionhearth karna keberanianya di medan perang.Ia adalah salah satu tokoh penting dalam perang salib. Kehebatanya dibuktikan dengan kemampunya untuk menguasai Siprus dan merebutnya dari tangan Turki.

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4694015

sumber


Artikel Terkait: