Selasa, 15 Februari 2011

PENYEBAB ORANG DESA LEBIH SEHAT DIBANDING ORANG KOTA

Kalau dilihat dari segi finansial orang kotalah yang lebih unggul daripada orang kota yang seharusnya mempunyai kemampuan lebih dalam memenuhi kebutuhan hidup sehat tapi kenyataannya tidak seperti itu. Orang kota justru lebih banyak menderita berbagai penyakit akut yang mematikan dibanding orang-orang desa yang ada dipegunungan dan pedesaan. Orang kota dengan standar hidup tinggi atau yang mereka sebut higienis justru mengidap penyakit kompleks dan selalu melakukan medical check-up rutin. Orang desa tidak pernah melakukan hal tersebut, tetapi mereka memiliki daya tahan tubuh lebih baik dan rata-rata berusia cukup panjang.
Berikut akan dijelaskan berbagai faktor yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya :

1. Lingkungan Pedesaan yang Segar

Sebagian besar di daerah pedesaan masih belum banyak terkontaminasi oleh berbagai polutan layaknya diperkotaan. Banyaknya pepohonan dan langkanya pabri-pabrik serta kendaraaan, menjadikan udara dipedesaan terasa begitu segar dan sejuk sehingga berdampak baik bagi masyarakat disekitarnya. Terasa begitu berbeda ketika saya menghirup udara di pagi hari antara di pedesaan dan diperkotaan. Dipagi harilah perbedaan kadar oksigen diudara bisa dirasakan.

2. Giat Beraktivitas

Saya pernah mendengar bahwa masyarakat Indonesia ini terlihat bermalas-malasan. Pernyataaan itu sungguh tidaklah benar. Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah menyadari akan hakekat kerja keras baik yang didesa atau pun dikota. Ketika saya sedang berkemah disebuah desa dekat pegunugan, sejak pagi-pagi sudah terlihat banyak para petani dan masyarakat desa yang pergi ke ladang untuk bertani atau hanya sekedar mencari kayu bakar. Tidak hanya yang muda saja bahkan kakek dan nenek yang seharusnya sudah mulai istirahat dirumah mereka malah terlihat kuat disaat mereka sedang mendaki pegunungan dengan bawaan yang tidaklah ringan. Saya pun melihatnya dengan rasa heran seandainya saya pun belum tentu mampu setiap hari harus mendaki pegunungan dengan beban seperti itu. Subhanallah. Pastas saja merka begitu terlihat sehat dan bugar.

3. Sikap Mental Positif dan nrimo

Masyarakat yang belum banyak mendapat arus peperangan pemikiran (Gadzul Fikri) membuat mereka yakin betul atas usaha yang merka lakukan dan merasa pasrah pada Allah SWT. Kebanyakan masyarakat desa adalah orang yang taat beragama walau pemahaman mereka belumlah sempurna. Ketika adzan Magrib tiba, terdengar sayup-sayup lantunan bacaan Ayat-ayat suci dari mushala, merka sedang mengaji katanya. Anak-anak semuanya masuk ke rumah tidak ada yang keluyuran lagi keluar rumah. Rasa kekeluargaan yang terasa begitu erat.. Meraka hidup bertetangga dengan rukun.

4. Konsumsi Makanan yang Baik

Didesa gak ada yang namanya fried chicken, pizza, hamburger atau yang lainya. Makanan mereka sama sekali tidak ada campuran bahan pengawet, penyedap rasa, pewarna sintesis, bahan kimia dan lain sebagainya. Semuanya didatangkan langsung dari ladang yang berupa umbi-umbian, atau sayur-sayuran bebas pestisida. Sehingga merka terhindar dari bahayanya makanan instant tersebut. Disetiap menu makanan mereka selalu terlihat ada lalapan beruapa sayur-sayuran atau daun-daunan yang menjadi salah satu lauk dengan nasi.

Mungkin itulah beberapa penjelasan kenapa orang desa bisa lebih sehat daripada orang kota. Yang tentunya bukan maksud untuk membandingkan memilih mana yang lebih baik atau buruk. Hanya sebagi bahan referensi guna mengambil pelajaran dari segi kehidupan masyarakat desa yang baik. Tentunya masyarakat kota jauh lebih banyak keunggulan. Dan kemajuan ekonomi yang berkembang dikota bisa menjadi catu daya bagi perkembangan ekonomi didaerah pedesaan lainnya. Guna meningkatkan taraf hidup bersama.

Artikel Terkait: