Jumat, 11 Maret 2011

Gempa 8,9 Jepang, Potensi Tsunami Ancam Tiga Negara

KOMPAS.com — Potensi tsunami menurut Pusat Peringatan Dini Tsunami Pasifik mengancam sedikitnya tiga negara, yakni Taiwan, Rusia, dan Filipina. Menyusul terjadinya gempa di Jepang dengan kekuatan 8,9 yang mengakibatkan tsunami 4 meter.Sebagaimana warta AFP pada Jumat (11/3/2011), tsunami yang melanda kawasan timur laut Jepang .

Sementara itu, di kawasan Kepulauan Kuril yang menjadi zona sengketa antara Jepang dan Rusia, peringatan dini tsunami sudah aktif. "Kami tengah melakukan evakuasi warga," kata Juru Bicara Kementerian Darurat Rusia Yekaterina Potvorova.

Potvorova juga mengatakan, tinggi gelombang tsunami yang diperkirakan bisa menghantam kawasan Kuril itu mencapai dua meter atau 6,6 kaki. "Kendati demikian, peringatan tsunami juga menginformasikan bahwa kawasan Kepulauan Sakhalin tidak tersentuh tsunami," kata Porvorova.

Rusia dan Jepang kini memang tengah berseteru soal Kepulauan Kuril. Di situ, dalam kacamata Rusia, ada empat pulau yang diklaim sebagai wilayah Negeri Beruang Merah, yakni Iturup, Shikotan, Habomai, dan Kunashir. Pihak Jepang menganggap Kuril sebagai Wilayah Utara.

Berikut adalah cuplikan video seorang ahli geologis yang meramalkan terjadinya gempa di beberapa negara, video ini dibuat tanggal 14 Desember 2010. Menurutnya gempa bumi itu terjadi sebagai akibat dari melelehnya es di kutub utara dan selatan.



Dan tahukah anda bahwa daerah-daerah yang disebutkan tadi berada di kawasan timur, senada dengan penyataan datangnya akhir jaman akan terjadinya penenggelaman daratan di wilayah timur.

Menurut ramalan GIEC (Intergovernmental Group on the Evolution of the Climate), permukaan air laut meningkat 20-90 cm pada abad ini. Para ilmuwan dunia memperkirakan kenaikan suhu 1oC akan meningkatkan permukaan air laut sebesar 1 meter. Akibat peningkatan tersebut, beberapa daratan di dunia akan tenggelam seperti 0,05% di Uruguay, 1% di Mesir, dan 6%di Belanda. Peningkatan muka air laut itu akan sangat berpengaruh terhadap tinggi tsunami yang membuat makin banyaknya daratan yang akan tenggelam.

Artikel Terkait: