Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Jumat, 05 November 2010

AHLAK MULIA

Ahlak atau budi pekerti yang baik adalah perilaku seorang muslim yang senang melakukan kebaikan, membantu sesama tanpa pamrih ataupun mengharap imbalan. Allag SWT berfirman kepada Nabi sekaligus kekasih-Nya, dengan memuji padanya dan menampakkan nikmat dihadapan Nabi-Nya.

"Dan sesungguhnya engkau memiliki ahlak yang agung." (QS. Al Qolam:4)

Aisah ra. berkata: "Ahlak Rasulullag saw adalah Al Quran."

Seorang lelaki bertanya kepada Nabi mengenai budi pekerti yang baik (ahlak), kemudian Nabi saw membaca firman Allah SWT: "Jadilah kamu seorang pemaaf dan perintahkan orang-orang untuk mengerjakan kebajikan, serta jauhilah orang-orang jahil." (QS. 7:199)
Lalu Nabis saw bersabda: "Dia bisa menyambungkan orang yang memutuskanmu, memberi orang yang memutusmu, yang menghalangimu dan memaafkan orang yang menganiaya."

Sabda Nabi saw: "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan Ahlak yang Mulia."

Sabda Nabi saw: "Sesuatu yang paling memberatkan dalam timbangan amal di hari akhir nanti adalah taqwa kepada Allah dan ahlak yang mulia."

Kata Abu Darda' ra. bahwa Nabi saw pernah bersabda: "Pertama kali yang diletakkan dalam timbangan amal ialah budi pekerti yang baik dan kemurahan hati.

Nabi saw bersabda: "Sungguh Allah telah mensucikan agama dengan Dzat-Nya, maka buat agamamu tidak pantas kecuali murahnya hati dan baiknya budi pekerti. Dan hiasilah agamamu dengan keduanya."

Nabi saw bersabda; "Kebaikan budi pekerti ialah budi pekerti ALLAH Yang Agung."
Dikatakan: "Ya Rasulullah, manakah orang yang paling utama! Nabi saw menjawab: "Yang paling baik budi pekertinya."

Nabi saw bersabda: "Kamu tidak akan mampu menguasai manusia dengan harta bendamu, maka kuasailah mereka dengan kecerahan wajah dan budi pekerti yang baik."

Nabi saw bersabda: "Sesungguhnya orang yang paling aku cintai diantara kalian, ialah kelak di hari kiamat tempatnya amat dekat antara aku dan kamu. Dia adalah orang-orang yang baik budi pekertinya.

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post