Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Selasa, 02 November 2010

KURSI KEBESARAN ALLAH SWT

Allah SWT berfirman:

"Luas Kursi-Nya meliputi langit dan bumi." (QS. Al Baqarah:255)

Dikatakan bahwa yang dimaksud dengan kursi adalah kiasan dari ilmu-Nya, ada yang mengatakan kata kiasan dari Kekuasaan-Nya.

Diriwayatkan; dari Ali kw. bahwa Kursi-Nya terbuat dari mutiara Lulu' yang panjang tiada yang tahu kecuali Allah. Ada juga hadist; tiada langit dan bumi ke tujuh ada di kursi-Nya kecuali laksana bundaran yang amat luas.

Dikeluarkan oleh imam Ibnu Majah; "Sesungguhnya semua langit ada di dalam Kursi, dan Kursi berada di depan Arsy."

Hadist melalui ikrimah ra. dia berkata; "Matahari adalah bagian dari 70 cahaya Kursi, dan Arsy adalah bagian dari 70 cahaya Pelindung-pelindung Allah, maksudnya hijab (Pelindung).

Diriwayatkan; "Sesungguhnya diantara malaikat pemikul Arsy dan Kursi-Nya (Muqorobin) ada 70 hijab akan kegelapan dan 70 hijab dari cahaya. Setiap Hijabnya sejauh 500 tahun perjalanan waktu. Andaikan tidak ada hijab tersebut niscaya para malaikat pemikul Arsy akan terbakar.

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post