Jumat, 06 Mei 2011

Bangkai Burung "Dinosaurus" Ditemukan di Iran

Bangkai burung aneh mirip burung era dinosaurus telah dilaporkan ditemukan di dekat kota Meshginshahr di provinsi barat laut Iran Ardebil.

Penduduk setempat menemukan bangkai makhluk berbulu, yang tampaknya telah meninggal beberapa hari yang lalu, di dekat sebuah desa terpencil Meshginshahr, kantor berita IRNA melaporkan pada hari Minggu kemarin (8/5).

Sebuah tim pejabat Iran dari Organisasi Perlindungan Lingkungan (EPO) dikirim ke daerah tersebut untuk menyelidiki kebenaran laporan tersebut.

Salah satu penduduk desa telah dilaporkan menyembunyikan bangkai burung itu dan tim EPO sedang mencoba untuk menemukannya. Tim ini telah berhasil memperoleh foto mahluk aneh tersebut yang diambil oleh salah seorang penduduk setempat.

Tim juga menemukan bukti yang menyatakan klaim penduduk setempat tempat tinggal burung di sebuah gua di dekat desa.

Makhluk itu memiliki tengkorak reptil dengan gigi taring panjang dan geraham besar. Juga memiliki tulang sayap kecil seperti burung yang biasa terbang.

Menurut laporan fauna di Iran mencakup total 527 spesies, namun tidak ada yang serupa dengan makhluk yang ditemukan, bagaimanapun penemuan itu membutuhkan penelitian Ornitologi untuk memverifikasi klaim.

Para ilmuwan percaya bahwa bukti fosil menunjukkan burung dan dinosaurus saling berbagi banyak fitur seperti tulang berongga, gastrolith dalam sistem pencernaan, sarang bangunan dan perilaku.

Penemuan fosil Tyrannosaurus rex yang memiliki jaringan lunak juga menunjukkan bahwa dinosaurus yang hidup 68 juta tahun dan burung berkaitan erat satu sama lain.(fq/prtv)

Artikel Terkait: