Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Senin, 18 Oktober 2010

KEADAAN HARI KIAMAT KUBRO



“Sesungguhnya kiamat tidak akan berlaku sehingga berlakunya 10 perkara yaitu - keluar asap dari bumi; munculnya Dajal; keluar Dabbah (binatang yang melata); matahari terbit dari Barat; turunnya Nabi Isa AS; keluar Ya’juj dan Ma’juj; gerhana di Timur; gerhana di Barat, gerhana di Semenanjung Arab dan api yang menyala di Yaman menghalau manusia ke mahsyar (tempat berkumpul)’.

Ketika kiamat tiba, neraka Jahanam didatangkan dengan membawa suara gemuruh api neraka yang mengerikan. Dan semua umat berlutut; merangkak dengan lututnya."

"Hari ini kamu melihat semua umat berlutut; merangkak dengan lututnya."
Merangkak dengan lututnya memenuhi panggilan untuk mengambil kitab catatan amal (QS.45:28). Ketika mereka menuju neraka, mereka sudah mendengar gemuruhnya api sejauh 500 tahun.

Dalam sebuah hadist ; Ketika Allah menghidupkan Jibril, Mikail dan Israfil, mereka bertiga mencari nabi Muhammad saw ke kuburannya. Mereka membawa Buraq sekalian membawa pakaian dari surga. Bumi-bumi pun terbelah dan menampakkan Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad saw bersabda : "Aku adalah orang yang pertama kali mengetahui bumi terbelah."

Dari Abu Hurairah ra. katanya Nabi saw berabda : "Ketika Allah selesai menciptakan langit dan bumi, Dia menciptakan Shur (sangkala), dan diberikan kepada malaikat israfil. Israfil langsung meletakkan dalam mulutnya dan menantik kapan dia diperintahkan untuk meniupnya (hanya Allah yang maha tahu).

Abu Hrairah ra. bertanya ; Apa yang disebut shuuurun! (shur)." Nabi saw menjawab ; "Tanduk yang terbuat dari cahaya." Aku bertanya ; "Seberapa besar bentuknya?" sabdanya ; "Garis tengahnya amat besar. Demi tuhan yang telah mengutusku dengan benar sebagai Nabi ; diameternya seperti luasnya langit dan bumi. Shur ditiup tiga kali ; sekali tiupan untuk mengejutkan, tiupan kedua untuk kematian dan tiupan terakhir untuk membangkitkan. Keluarlah roh-roh laksana lebah (tawon) yang memenuhi antara langit dan bumi, kemudian roh-roh itu masuk melalui lubang hidungnya.

Setelah dibangunkan oleh Jibril, Nabi saw bertanya, "Hai Jibril, hari apakah ini!" Jawab Jibril, "Hari ini hari kiamat, hari Al Haqqoh, hari Al Qori'ah."

Nabi saw bertanya lagi ; "Bagaimana Allah memperlakukan ummatku!"

Jibril Menjawab ; "Berbahagialah engkau Muhammad, sesungguhnya engkau pertama kali yang menyaksikan bumi terbelah."

Abu Hurairah ra. meriwayatkan : bahwa Nabi saw bersabda mengantarkan Firman Allah SWT : "Hai golongan jin dan manusia, sesungguhnya aku berharap baik terhadap kalian, dia adalah amal-amalmu yang terdapat dalam buku catatan amal. Maka barangsiapa yang menemukannya dalam keadaan baik, maka hendaklah dia memuji Allah SWT. Dan barangsiapa yang menemukan catatannya dalam keadaan buruk, maka janganlah ia memaki-maki kecuali kepada dirinya sendiri.

Diterangkan melalui Yahya bin Mu'adz Arroozi : "Sesungguhnya sudah dibacakan dalam satu majelis :

"Pada hari kiamat, Kami kumpulkan orang-orang bertaqwa kepada Dzat Yang Maha Pengasih sebagai peraturan. Dan Kami menghalau orang-orang berdosa ke dalam neraka dengan keadaan haus." (QS. Maryam 85:86)

Yahya berkata : "Hai Manusia, perlahan-lahan kelak kalian akan dikumpulkan pada hari kiamat dengan berkelompok-kelompok, kamu akan datang dari tepi berkelompok dan menghadap Tuhan dengan sendiri-sendiri, dan kamu akan ditanya tentang perbuatanmu sekalipun hanya satu huruf. Sedangkan orang yang menjadi kekasih Allah akan digiring ke Hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai delegasi yang dihormati. Dan orang-orang yang durhaka di giring dalam keadaan haus yang teramat sangat, dan memasuki Jahanam dengan berkelompok-kelompok.

Hai Saudaraku......didepanmu ada hari yang berdimensi 50 tahun dari yang kamu hitung ;
- Hari Rajifah (tiupan pertama yang mengguncangkan);
- hari Azifah (Kiamat Kubro);
- hari dimana manusia berdiri menghadap Tuhan Yang Maha Menguasai semua mahluk,
- hari Kekecewaan;
- hari penyesalan;
- hari pemeriksaan hebat,
- hari perhitungan,
- hari pertanyaan;
- hari Teriakan,
- hari Haqqoh (pasti terjadi),
- hari Qariah,
- hari Hidup,
- hari Kembali,
- hari dimana manusia melihat apa yang diperbuat,
- hari diperlihatkan kesalahan,
- hari Wajah-wajah bersinar dan gelap,
- hari Harta
- hari anak yang tanpa guna kecuali dengan hati yang bersih menghadap Allah.
- hari tanpa guna bagi yang dhalim; mereka memperoleh laknat dan tempat pengembalian yang buruk.

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post