Kamis, 21 Oktober 2010

SIKSA NERAKA JAHANAM


Pernahkan anda membayangkan, seperti apa rasanya siksa neraka Jahanam di akherat kelak? Jika memang pedih, seperti apa kepedihan yang akan dirasakan manusia disana? apakah rasanya sama pedih dengan yang dirasakan di dunia?
Riwayat Ibnu Majah dan Imam Hakim dengan sanad shaleh menjelaskan peristiwa siksa neraka Jahanam sebagai berikut:
"Sesungguhnya apimu (api dunia) hanyalah satu bagian dari 70 bagian api jahanam. Andaikan ia tidak dipadamkan dua kali air, kamu tidak akan dapat mengambil manfaat api."

Riwayat Imam Baihaqi ; "sesungguhnya Umar ra. pernah membaca ayat :

"Acapkali kulit mereka matang (hancur), dan Kami gantikan lagi dengan yang baru, agar mereka merasakan siksa....." (QS. An-Nisa : 56)

Katanya : "Hai Ka'ab, terangkanlah padaku tafsirannya, kalau kamu benar, maka aku pasti membenarkanmu, dan kalau kamu bohong maka pasti aku menolakmu." Ka'ab pun menfsirkan : "sesungguhnya kulit anak cucu Adam dibakar lalu diperbaharui -di neraka) dalam waktu satu jam atau dalam sehari sebanyak 6.000 kali." Kata Umar ra. "Engkau benar."

Dari Imam Baihaqi ; "Sesungguhnya Hasan Al Basri mengomentari ayat ini; "Api neraka akan melahap mereka setiap hari sebanyak 70 kali." Setiap api memakan mereka, dikatakan pada mereka ; "Kembalilah seperti semula." merekapun kembali lagi seperti semula.

"Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. (FUSHSHILAT (YANG DIJELASKAN) ayat 20)"

"Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan". (FUSHSHILAT (YANG DIJELASKAN) ayat 21)

Riwayat Imam Ibnu majah; "Tangisan penghuni neraka dilepaskan, merekapun menangis sampai air matanya kering. Kemudian menangis sampai mengeluarkan darah, sampai-sampai wajahnya terbentuk seperti parit-parit, dan andai perahu dilepaskan di sana, tentu perahu itu akan berlayar."


Iman Abu Ya'la berkata: "Hai manusia, menangislah kalian, Andai kamu tidak bisa menangis, berusahalah untuk menangis. Semua penghuni neraka menangis sampai air mata mereka mengalir seperti parit yang melekat di wajahnya. Air matanya sampai kering kemudian diganti dengan darah yang mengalir sampai melukai wajahnya."

Lalu bagaimana siksa yang akan diterima Iblis dan bangsanya di akherat nanti?

Ketika hari kiamat, diambillah kursi api dari neraka, lalu iblis didudukkan diatasnya. Sementara setan-setan dan orang-orang kafir berkerumum disampingnya. Mereka berteriak dan meringkik-ringkik seperti kuda.

Ada yang berkata pada mereka, "Wahai ahli neraka, bagaimana yang kau rasakan ini sebagaimana yang sudah dijanjikan Allah Tuhanmu?"

"Benarlah adanya," jawab mereka. "Ini adalah dimana kami berputus asa dari Rahmat Allah."

Lalu Allah memerintahkan para malaikat untuk memukul iblis dan para pengikutnya dari cambuk api neraka. Mereka pun jatuh ke neraka selama 40 tahun, dan tidak lagi terdengar perintah untuk dikeluarkan, na'udzu billah min dzaalik!"

Ada riwayat ; kelak pada hari kiamat iblis akan didatangkan, dia diperintahkan duduk diatas kursi api neraka, dan dilehernya ada kalung laknat. Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk menarik kursi iblis dan menceburkannya ke dalam neraka, namun para malaikat tidak kuasa mengangkat iblis. Allah mengutus jibril bersama 80.000 malaikat, namun juga tidak kuasa mengangkatnya. Kemudian Allah Ta'ala berfirman :

"Andaikan semua malaikat yang Kuciptakan berkumpul berlipat ganda, mereka tetap tidak akan mampu memindahkan iblis selama dilehernya masih ada kalung laknat."

Artikel Terkait: