Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Kamis, 14 Oktober 2010

PINTU-PINTU DAN PENGHUNI NERAKA


PINTU-PINTU NERAKA
Sesungguhnya Allah menciptakan neraka dengan tujuh pintu, sebagaimana dalam firman-Nya:

"Neraka Jahanam memiliki tujuh pintu." (QS. Al Hijr : 44)

Pintu neraka terbuat dari besi yang diciptakan dengan laknat. Dibagian luar tembaga dan bagian dalam terbuat dari timah. Lantai dasarnya terbuat siksa dan atapnya terdapat kemurkaan. Buminya dihampiri tembaga, kaca, besi dan timah, sementara api menyala diatas dan dibawah mereka, juga disebelah kanan dan kirinya. Susunannya bertingkat-tingkat, sementara Allah meletakkan orang-orang munafik ditingkat paling bawah.

Dalam Hadist yang menjelaskan : "Sesungguhnya Jibril mendatangi Nabi Muhammad saw, lalu Nabi saw bersabda :

"Terangkanlah padaku mengenai sifat panasnya api neraka."
Jibril menjawab : "Sesungguhnya Allah menciptakan Jahanam kemudian menyalakan apinya selama 1000 tahun sampai apinya memutih, kemudian Allah memerintahkan lagi menyalakan apinya selama 1000 tahun sehingga apinya merah. Kemudian menyalakan lagi 1000 tahun sampai menjadi hitam. Dan sekarang ia hitam kelam, percikan apinya sampai tidak bercahaya serta jilatan lidah apinya tidak pernah padam.

Demi Tuhan yang mengutusmu dengan haq sebagai nabi, andai satu pakaian dari pakaian penghuni neraka diperlihatkan pada penduduk bumi, niscaya mereka mati semua. Andaikan satu dzira' rantai dilemparkan, maka semua gunung di bumi akan hancur. Allah menyebutkan satu dzira' dengan firman-Nya:

"Didalam rantai yang panjangnya 70 dzira'...." (QS. 69 :32)

Satu dzira' panjangnya sejauh dunia timur dan barat. Umpama diletakkan diatas gunung-gunung dunia pasti akan hancur. Andai penghuni neraka dikeluarkan ke bumi, pasti pendudukk bumi akan mati karena bau busuknya."

"Rasulullah saw bertanya kepada Jibril, "Terangkan kepadaku sifat-sifatnya pintu neraka Jahanam ; apakah seperti pintu-pintu kami!"

Jibril menjawab : "Tidak sama, Ya Rasul! Pintunya terdirii dari beberapa tingkat. Jarak pintu satu ke pintu lain sejauh 70 tahun perjalanan. Dan setiap pintu dari pintu yang lain lebih panas dari pintu dibawahnya dengan ukuran 70 kali lipat."

PENGHUNI NERAKA JAHANAM

Beliau saw bertanya lagi mengenai penghuni neraka, dan malaikat Jibril menjawab, "Tingkat paling bawah berisi orang-orang munafik, namanya neraka Hawiyyah," sebagaimana difirmankan Allah Ta'Ala:

"Sesungguhnya orang-orang munafik berada di neraka tingkat paling bawah." (QS. 4 : 145)

(Demikian pintu pertama tingkat paling bawah),
dan pintu kedua untuk orang-orang musyrik, namanya neraka jahim.
Pintu ketiga untuk orang-orang shobi'in, namanya neraka Saqor.
Pintu keempat untuk iblis dan anak buahnya dari bangsa Majusi, namanya neraka Ladho.
Pintu Kelima untuk orang yahudi, namanya neraka Muthomah.
Pintu keenam untuk orang nasrani, namanya neraka Sa'iir.

Jibril menghentikan bicaranya. Nabi saw bertanya, "Mengapa tidak engkau ceritakan penghuni pintu ke tujuh!"

"Jangan bertanya begitu wahai Muhammad!" jawab Jibril.
Nabi bertanya lagi, "Ceritakanlah kepadaku siapa mereka."
Jawab Jibril, "Penguninya berasal dari umatmu yang berdosa besar, mereka mati sebelum bertobat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post