Hadits Nabi saw tentang kondisi manusia; "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, digunakan untuk apa, tentang hartanya, dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan, dan tentang ilmunya, apa yang dilakukan dengan ilmunya itu." (HR. Tirmidzi).

Minggu, 02 Januari 2011

DARAH DAN ENERGI ALTERNATIF?


Adalah Mike Thompson, perancang asal Inggris yang tinggal di Belanda memiliki ide menjadikan darah sebagai salah satu energi alternatif untuk menyalakan lampu. Lampu tersebut berisi luminol, yaitu senyawa kimia yang umum digunakan para ilmuwan forensik untuk mendeteksi jejak atau sisa darah di tempat kejadian perkara.
Luminol dapat bereaksi dengan senyawa zat besi dalam sel darah merah dan menghasilkan pancaran cahaya terang berwarna biru. Untuk menggunakannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan luminol ke dalam bubuk aktivasi dalam sebuah gelas kaca. Kemudian, sebagian gelas itu dipecahkan dan teteskan darah ke dalam bubuk tersebut maka zat akan bercampur dan bereaksi menghasilkan cahaya lampu.

LiveScience, Minggu (25/10/2009) melansir, ide gila ini didapatkan Thompson beberapa tahun lalu saat menjalani studi program master Design Academy Eindhoven, Belanda.

Saat itu dia tengah melakukan penelitian mengenai energi kimia untuk proyek tersebut, dan mempelajari kegunaan luminol.

"Dalam benak saya selalu terbayang bahwa energi menjadi sesuatu yang mahal. Saya berharap penelitian ini dapat membuat paradigma berpikir kita mengenai cara menggunakan energi," kata Thompson.

Lebih lanjut Thompson menyebutkan, penelitiannya ditujukan 'menantang persepsi manusia dalam menelaah darimana sumber energi kita berasal?. Menurutnya, hal ini mampu memaksa penggunanya untuk berpikir ulang, bahwa selama ini telah sering terjadi pemborosan energi dan betapa berharganya energi yang kita pakai.

Fakta bahwa lampu ciptaan Thompson tersebut bersifat sekali pakai, menjadikannya semakin pantas untuk jadi bahan renungan.

"Anda harus benar-benar mempertimbangkannya dengan matang sebelum memutuskan kapan menggunakan lampu tersebut. Pasalnya, dia hanya bisa digunakan satu kali. Hal itu membuat kita merasa sayang melakukan pemborosan," tandas Thompson.

Entri yang Diunggulkan

MENJUAL AGAMA PADA PENGUASA DISIFATI ANJING DALAM AL QURAN

Pemimpin/Ulama adalah cermin dari umat atau rakyat yang dipimpinnya. Definisi Ulama (wikipedia) adalah pemuka agama atau pemimpin agama ...

Popular Post