Sabtu, 01 Januari 2011

Siklus Alam Lelehkan Gletser di Gunung Alpine

Puncak gunung es yang ada di seluruh planet Bumi tidak hanya lenyap oleh aktivitas manusia saja. Menurut geolog asal Swiss, siklus alami yang terjadi di samudera bisa mempengaruhi hingga separuh lelehnya gletser di gunung Alpine sepanjang dekade ini

Mattias Huss dan tim peneliti asal University of Fribourg melaporkan, mereka telah mengumpulkan data pengukuran terhadap daratan, foto udara, dan catatan cuaca lokal selama lebih dari 100 tahun terakhir.Mereka kemudian menggunakan data ini untuk mengukur 30 gletser besar yang ada di Swiss dan membuat model komputer dari setiap gletser agar dapat mengidentifikasi pelelehan besar yang terjadi di tahun 1940-an dan pada beberapa dekade terakhir.

Ternyata, siklus melelehnya gletser secara signifikan terjadi bersamaan dengan kenaikan dan penurunan temperatur permukaan laut alami yang terjadi di kawasan utara samudera Atlantik. Sebagai informasi, setiap 60 tahun sekali, suhu di kawasan itu berfluktuasi sekitar 0,2 derajat Celcius.

“Meski begitu, setidaknya, separuh dari berkurangnya es di Alpine selama 150 tahun terakhir adalah karena perubahan iklim yang disebabkan manusia,” kata Huss, seperti dikutip dari Discovermagazine, 22 Desember 2010.

Untuk itu, Huss berencana untuk memperluas pemodelannya agar dapat memetakan kondisi es di dataran di masa depan. “Saat ini yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mengaplikasikan pemodelannya ke gletser lain dan membuatnya relevan dengan skala global,” ucapnya. (sj)
• VIVAnews

Artikel Terkait: